Almarhum Adik Sri Sultan HB X Dikenal Sederhana dan Kritis

Menurut poltisi Nasdem, Ferry Mursyidan Baldan, Gusti Joyo adalah orang yang sangat kritis terhadap kebijakan partai dan pemerintah.

oleh Riski Adam diperbarui 31 Des 2013, 23:13 WIB
Selain dikenal sebagai Adik Sri Sultan Hamengkubuwono X, mendiang Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo juga dikenal sebagai politisi Partai Golkar. Almarhum juga pernah menjabat sebagai anggota DPR selama 2 periode, 1999-2004 dan 2004-2009.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Ferry Mursyidan Baldan mengaku mengenal baik putra mendiang Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang akrab disapa Gusti Joyo itu. Menurutnya, Gusti Joyo adalah orang yang sangat kritis terhadap kebijakan partai dan pemerintah. Kesan itu ia dapat saat berjuang bersama almarhum di DPR dari Fraksi Partai Golkar.

"Saya kenal almarhum sejak tahun 95. Meskipun dia anak Raja Sri Sultan Hamengkubuwono IX, tetapi almarhum tetap bersikap kritis baik di internal partai maupun terhadap pemerintahan. Apalagai almarhum kan mantan anggota DPR," kata Ferry di rumah duka Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/12/2013).

Ia pun berharap kelak anak-anak almarhum dapat mengikuti jejak ayahnya yang dikenal sederhana dan kritis. Terlebih, putra almarhum yang bernama Dimas telah bergabung bersama dirinya di Partai NasDem.

"Anak almarhum itu yang laki-laki masuk Nasdem. Namanya Dimas. Jadi kita berharap Mas Dimas bisa memperjuangkan apa yang telah diperjuangkan ayahnya. Tetap sederhana dan tetap kritis," tandas Ferry.

Almarhum Gusti Joyo meninggal setelah menjalani perawatan sekitar 2 pekan lalu atau sekitar 15 hari di RS Medistra karena penyakit komplikasi yang dideritanya. Rencananya, adik kandung Sri Sultan HB X yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu akan diterbangkan ke Yogyakarta, Rabu 1 Januari besok, untuk dimakamkan di sana.

Malam ini jenazah disemayamkan di rumah istri Sri Sultan, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang berada di Jalan Denpasar, Jakarta. (Adi)

Baca Juga:

Keluarga Keraton Yogyakarta Gelar Tahlilan di Ndalem Joyokusuman
Jenazah Gusti Haryo Disemayamkan di Rumah Istri Sultan HB X
Jenazah Adik Sultan HB X Tiba di Yogyakarta Rabu Pukul 09.00

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya