Stres, TKW di Malaysia Dipulangkan Majikan

Polisi menduga Siti Mualimah stres setelah disiksa selama bekerja di Negeri Jiran. Kemudian, oleh sang majikan, tenaga kerja wanita asal Yogyakarta ini diberangkatkan ke Pontianak, Kalimantan Barat.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Jun 2004, 14:32 WIB
Liputan6.com, Pontianak: Tatapan matanya kosong. Badannya juga masih lemah, tak bertenaga. Siti Mualimah belum bisa diajak bicara. Tampaknya dia stres berat. Tenaga kerja wanita ini dipulangkan dari Malaysia oleh majikannya sudah dalam keadaan seperti itu. Pun begitu saat personel Kepolisian Sektor Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menjemputnya di Terminal Bus Antarkota Batu Layang, belum lama berselang.

Wanita asal Yogyakarta ini hanya ingat sedikit asal-usulnya. Itu pun diucapkannya dalam bahasa Jawa. Polisi menduga Siti Mualimah stres setelah disiksa selama bekerja di Malaysia. Kemudian, oleh sang majikan, Siti diberangkatkan ke Pontianak. Polisi kemudian membawa Siti ke Rumah Sakit Dinas Kedokteran dan Kesehatan (Disdokkes) Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Sejauh ini, Siti masih dirawat di sana.

Nasib pilu tenaga kerja Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Masih segar dalam ingatan, kasus penyiksaan yang dialami Nirmala Bonat, TKW yang bekerja di Malaysia. Baru tiga bulan bekerja di rumah majikan di Kondominium Villa Putra, Jalan Sultan Ismail, pekerja asal Kupang, Nusatenggara Timur, itu disiksa majikannya yang perempuan. Nirmala pernah disiram air panas karena memecahkan gelas. Beberapa bagian tubuh wanita berumur 19 tahun itu juga sempat disetrika [baca: Besok, Kasus TKI Disiksa di Malaysia Disidangkan].(SID/Amin Alkadrie)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya