Anelka Bantah Melakukan Salam Anti-Yahudi

"Gestur itu hanya bisa dikatakan Anti-Semit kalau dilakukan di Sinagoga atau peringatan korban Holocaust," kata Cukierman.

oleh ulul diperbarui 22 Jan 2014, 12:37 WIB
Penyerang West Bromwich Albion (WBA) Nicolas Anelka mengaku tidak berbuat tindakan Anti-Yahudi menyusul salam Quelle yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

Pemain asal Prancis tersebut mengatakan dirinya melakukan itu sebagai bentuk dukungan kepada rekan senegaranya Dieudonne M'bala M'bala yang merupakan seorang komedian.

M'bala M'bala sendiri merupakan sosok kontroversial dan telah dilarang tampil oleh pemerintah Prancis karena selalu menunjukan salam Quelle atau disebut perbuatan Anti-Semit dalam setiap penampilannya.

Seiring dengan pembelaan diri Anelka, Pimpinan Organisasi Yahudi, CRIF (Dewan Perwakilan Lembaga Yahudi Perancis) Roger Cukierman secara tidak langsung mengatakan Anelka tidak bersalah.
 
"Gestur itu hanya bisa dikatakan Anti-Semit kalau dilakukan di Sinagoga (tempat beribadah orang Yahudi) atau peringatan korban Holocaust. Di tempat yang tidak memiliki arti penting bagi orang-orang Yahudi, itu hanya gerakan anti kemapanan dan tidak perlu diberikan sanksi keras," kata Cukierman seperti dilansir BBC Sport, Rabu (22/1/2014).

Akibat salam tersebut Anelka terancam mendapat sanksi larangan tampil dalam lima pertandingan oleh Federasi Sepakbola Inggris (FA). Namun FA masih memberikan waktu kepada Anelka untuk menjelaskan tindakannya itu hingga Kamis, 23 Desember mendatang.

Anelka melakukan salam Quelle dalam selebrasinya setelah mencetak gol saat imbang 3-3 dengan West Ham United, 28 Desember lalu. Akan tetapi Anelka berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

[Baca: Daftar Kontroversi Anelka]

Sementara bagi WBA, mereka harus kehilangan sponsor akibat tindakan Anelka tersebut. Zoopla, sponsor utama WBA memutuskan mengakhiri kerjasama akhir musim ini.

Sebabnya salah satu pemilik Zoopla Alex Chesterman yang merupakan keturunan Yahudi, dikabarkan tidak senang melihat sikap Anelka itu. (lul)

Baca Juga:
[VIDEO] Aksi Model Seksi Juggling Bola Pakai Hak Tinggi
Bek Andalan Muenchen Tertarik Pindah ke Old Trafford
Moyes Optimis Daratkan Bomber PSG ke Old Trafford
Nih, Susunan Pembalap F1 Musim 2014
Pele Resmi Ditunjuk Jadi Duta Emirates


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya