Ini Rincian Nilai Transfer Neymar

Total nilai transfer Neymar dari Santos ke Barcelona sebesar 130,2 juta euro.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 25 Jan 2014, 17:01 WIB
Kisruh nilai transfer Neymar dari Santos ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2013 lalu telah memakan korban. Presiden Barcelona Sandro Rosell mengundurkan diri setelah Pengadilan Tinggi Spanyol menyelidikinya. Ia diduga telah menyalahgunakan dana transfer Neymar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rosell selama ini mengatakan nilai transfer Neymar sebesar 57 juta euro atau Rp 936 miliar. Namun, jurnalis El Mundo, Eduardo Inda dan Esteban Urreiztieta, mengungkapkan ada tujuh dokumen yang mengindikasikan mengenai besaran nilai transfer Neymar. Menurut dokumen itu, Barca membayar Neymar dengan nilai transfer 95 juta euro atau Rp 1,5 triliun, lebih mahal 38 juta euro dari harga yang disebut Rosell.

Tidak ingin masalah makin meruncing, akhirnya Barca merilis harga asli Neymar, ini setelah kubu Neymar sepakat mempublikasikan klausul kerahasiaan kontrak mereka.

Seperti dilansir AS, Sabtu (25/1/2014), Direktur Manajemen Sepakbola Barcelona Raul Sanllehi mengungkapkan total nilai transfer Neymar sebesar 130,2 juta euro. Angka itu terdiri dari 57,1 juta euro untuk biaya mendatangkan Neymar. Sementara 29,1 juta euro untuk pembayaran lainnya dalam mendatangkan bintang Timnas Brasil itu. Sisanya, 44 juta merupakan gaji Neymar (8,8 juta euro per tahun selama lima tahun).

Sedangkan 57,1 juta euro terdiri dari 17,1 juta pembayaran kepada Santos untuk Neymar (yang memiliki satu tahun sisa kontrak) dan 40 juta euto untuk perusahaan N & N (perusahaan milik orangtua Neymar). Barca menegaskan bahwa Neymar junior tidak memiliki saham di perusahaan ini).

Jumlah lainnya terdiri dari:
- 4 juta euro untuk marketing Barca di Brasil, dibayarkan kepada N&N.
- 2,5 juta euro untuk amal; dibayarkan kepada Neymar's Foundation (0,5 juta per tahun selama lima tahun).
- 7,9 juta euro untuk kolaborasi Barca dan Santos; dibayarkan ke Santos. Barca mendapat hak transfer istimewa atas para pemain Santos nantinya.
- 2 juta euro dibayarkan untuk scouting (pencarian bakat) di Brasil; dibayarkan kepada N&N.
(Bog)

Baca Juga:
Barca Akui Aliran Transfer Neymar Lebih Banyak ke Orang Tua
Sir Alex: Bodoh Jika MU Pecat Moyes
Persebaya Ingin Kontrak Gelora Bung Tomo Semusim
Lazio Vs Juventus: Kebangkitan Biancocelesti
Skuat Mahesa Jenar Bersiap Hadapi Evan Dimas Cs


Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya