Microsoft Gelontorkan Rp 182 Milyar Untuk Foursquare

Sebetulnya kabar ketertarikan Microsoft untuk berinvestasi di Foursquare telah menyeruak sejak pertengahan tahun 2013 silam.

oleh Adhi Maulana diperbarui 05 Feb 2014, 20:03 WIB

Di bawah kepemimpinan CEO baru Satya Nadella, Microsoft dilaporkan langsung melancarkan penetrasi binis yang dianggap cukup penting. Perusahan yang berbasis di Redmond, Washington, itu kabarnya telah resmi mengucurkan dana investasi sebesar USD 15 juta atau sekitar Rp 182 milyar kepada layanan jejaring sosial berbasis lokasi, Foursquare.

Menurut yang dilansir laman ZDNet, Rabu (5/2/2014), CEO Foursquare Dennis Crowley mengatakan bahwa dana sebesar USD 15 juta itu di dalamnya sudah termasuk harga lisensi basis data milik Foursquare. Nantinya lisensi ini diprediksi akan diintegrasikan dengan berbagai produk besutan Microsoft mulai dari sistem operasi Windows Phone dan mesin pencari Bing.

Sebetulnya kabar ketertarikan Microsoft untuk berinvestasi di Foursquare telah menyeruak sejak pertengahan tahun 2013 silam. Bahkan menurut yang dilansir laman Bloomberg, kedua belah pihak sudah melakukan pembicaraan serius namun belum menemui kesepakatan.

Selama ini Foursquare dikenal sebagai layanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan check-in atau mengklaim telah mendatangi suatu tempat. Selain itu, Foursquare juga menjadi media yang efektif untuk mempromosikan suatu tempat, baik itu restoran, kafe, ataupun toko.

Dengan memiliki saham di Foursquare, tentu Microsoft punya keuntungan tersendiri untuk memiliki peran lebih besar di sektor pasar jejaring sosial dan layanan mobile.

Selama ini ekosistem layanan mobile memang menjadi garapan serius para perusahaan teknologi ternama, misalnya saja Apple, Facebook, dan Yahoo yang sudah lebih dulu melakukan sejumlah langkah akuisisi perusahaan startup di bidang layanan mobile. Untuk urusan ekosistem layanan dan aplikasi mobile, Microsoft masih dianggap cukup lambat.

Baca juga:
Ini Dia Sosok Pengganti Bill Gates
CEO Baru Microsoft Digaji Rp 218 Milyar Per Tahun!
Bill Gates Putuskan Pensiun dari Dunia Teknologi
Resmi! Satya Nadella Terpilih Jadi CEO Baru Microsoft



Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya