Mantan Menparpostel Joop Ave Meninggal Dunia di Singapura

Menteri kelahiran Yogyakarta, 5 Desember itu meninggal dunia dalam usia 80 tahun.

oleh Ism diperbarui 05 Feb 2014, 18:39 WIB
Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air. Mantan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Menparpostel) Joop Ave meninggal dunia. Menteri kelahiran Yogyakarta, itu meninggal dunia dalam usia 79 tahun.

"Beliau, Pak Joop Ave, meninggal dunia di Singapura," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar kepada Liputan6.com, Rabu (5/2/2014).

Sapta belum mengetahui informasi rinci meninggalnya menteri era Orde Baru itu. Ada rencana, jenazah pria yang menjabat menteri pada 1993 sampai 1998 itu akan dibawa ke Bali. "Detail selanjutnya belum ada," kata mantan juru bicara Kementerian Pariwisata ini.

Joop menjabat menteri pada masa Kabinet Pembangunan VI. Almarhum telah 20 tahun aktif di bidang keprotokolan. Mantan Direktur Jenderal Pariwisata ini menguasai tiga bahasa asing yaitu bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman.

Ia pernah menjabat Kepala Rumah Tangga Istana Kepresidenan periode (1972-1978). Ia dianugerahi gelar Kanjeng Raden Mas Haryo Condronegoro dari Mangkunegara VIII. Pada saat Istana Surakarta terbakar, ia terlibat dalam tim khusus yang meneliti penyebab kebakaran tersebut. (Ism/Yus)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya