Jual Motorola, Google Kecipratan 6% Saham Lenovo

Google menerima uang tunai sebesar USD 600 juta dan sisanya berupa saham senilai USD 750 juta serta surat utang senilai USD 1,5 milyar.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 10 Feb 2014, 06:30 WIB

Seminggu setelah resmi menjual Motorola seharga USD 2,91 milyar, fakta terbaru mencuat terkait kesepakatan antara Google dan Lenovo. Selain memperoleh uang tunai, Google diketahui juga akan mendapatkan 6% saham milik Lenovo.

Kesepakatan tersebut terungkap dalam laporan yang diterima otoritas bursa di Hong Kong. Mengutip laman BBC, Google dilaporkan akan memiliki sekitar 618,3 lembar saham Lenovo senilai USD 1.213 per lembar.

Dengan kata lain Google akan menerima uang tunai sebesar USD 600 juta dan sisanya berupa saham senilai USD 750 juta serta surat utang senilai USD 1,5 milyar.

Anehnya setelah Lenovo secara resmi mengumumkan telah membeli Motorola Mobility, perusahaan asal China ini telah kehilangan 24% dari nilai pasar. Pasca membeli Motorola, Lenovo diprediksi akan menyiapkan sesuatu yang lebih besar di industri ponsel pintar.

Namun sejumlah analis justru pesimis dengan keputusan Lenovo membeli Motorola. Analis memprediksi perusahaan yang berbasis di Beijing ini akan mengalami kesulitan dalam mendatangkan keuntungan untun bisnis handset Motorola.

Meski telah menjual paten dan lisensi divisi perangkat Motorola Mobility, namun Google diketahui masih berhak atas sejumlah paten milik Motorola. Paten Moto Advanced Technology and Project Group merupakan salah satu yang masih dipertahankan oleh perusahaan raksasa internet ini.


Baca juga:
Dijual Google, Motorola Kini Resmi Milik Lenovo
Dijual ke Lenovo, Paten Motorola Masih Dikuasai Google
Kenapa Google Jual Murah Motorola ke Lenovo?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya