Drajad PAN: M Lutfi Pilihan Aman SBY

Selain itu, alasan terpilihnya mantan Dubes Indonesia untuk Jepang ini dinilai Drajad karena ada kemiripan dengan Gita Wirjawan.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 12 Feb 2014, 14:35 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan. Bagi Partai Amanat Nasional (PAN), Lutfi merupakan pilihan aman, mengingat Gita mundur pada akhir pemerintahan SBY.

"Bagaimana nanti kinerjanya? Saya tidak tahu. Lutfi cuma punya waktu 8 bulan yang didominasi pemilu. Rasa-rasanya waktunya terlalu sempit buat dia. Tapi secara politik, pilihan itu paling aman buat SBY," ujar Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Drajad menilai, alasan terpilihnya mantan Dubes Indonesia untuk Jepang ini karena ada kemiripan dengan Gita Wirjawan. Ada 2 alasan yaitu paham sektor keuangan dan orang dekat SBY.

"Keduanya memiliki latar belakang yang mirip walaupun tidak sama persis. Gita Wirjawan berkarier murni di sektor keuangan, Luthfi campuran bisnis keuangan dan sektor riil," imbuhnya. Terkait kedekatan dengan SBY, Drajad melihat Lutfi telah menjadi all the President's men.

Muhammad Lutfi menggantikan Gita Wirjawan yang mundur per 1 Februari 2014. Gita memilih fokus pada pemenangan Konvensi Capres Partai Demokrat. Dia akan dilantik Jumat pekan ini. (Mvi/Sss)

Baca juga:

2 Janji Menteri Baru SBY
Ganti Gita Wirjawan, M Lutfi: Ini Injury Time
Empat Pesan SBY untuk Mendag Baru Muhammad Lutfi
Mengapa SBY Pilih Muhammad Lutfi jadi Mendag Baru?


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya