PSSI dan Satlak Prima Sepakat Soal Dana Asian Games

"Memang cabang sepakbola menggunakan dana pribadi, namun untuk dana pulang dan pergi, mereka ikut dengan biaya kontingen," kata Suwarno.

oleh antonius diperbarui 14 Feb 2014, 20:54 WIB
Tim Nasional Indonesia U-23 akan mengikuti ajang olahraga empat tahunan, Asian Games pada 18 September 2014 mendatang di Incheon, Korea Selatan.

Khusus untuk cabang sepakbola, mereka dikabarkan akan mengeluarkan dana pribadi. Hal tersebut karena sepakbola tidak menargetkan untuk menjadi juara di ajang tersebut. Sedangkan pemerintah hanya akan memfokuskan dana untuk cabang olahraga yang berpeluang untuk menjadi juara pada ajang tersebut.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah menyiapkan dana Rp 10 hingga 15 miliar sebagai biaya timnas U-23 pada Asian Games mendatang.

Sekretaris Jendral PSSI, Joko Driyono membenarkan dengan adanya anggaran yang sudah disiapkan PSSI tersebut.
"PSSI akan bertanggung jawab pada dana yang akan digunakan untuk Asian Games, sudah dianggarkan 10 hingga 15 milyar rupiah," kata Joko saat dihubungi Liputan6.com.

Dana yang dianggarkan PSSI tersebut nantinya akan digunakan sebagai dana latihan, gaji pemain, uang saku, dan uji coba, serta kebutuhan lainnya selama mengikuti Asian Games. Sedangkan untuk dana keberangkatan dan pulang akan menjadi tanggung jawab kementrian yang sudah dianggarkan bersama biaya kontingen.

Sementara itu, Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Suwarno menyebutkan dana untuk keberangkatan dan kepulangan timnas Indonesia U-23 sudah menjadi tanggung jawab kementerian.

"Memang cabang sepakbola menggunakan dana pribadi mereka, namun untuk dana pulang dan pergi selama event berlangsung, mereka ikut dengan biaya kontingen, yang sudah ditanggung dan dianggarkan oleh pihak kementerian," ujarnya.

Ia juga menambahkan, mengenai jumlah atau detail dari dana masing-masing cabang olahraga sedang dalam proses dan akan dikeluarkan mendekati hari keberangkatan.

"Untuk detail, tidak secepat itu, saat ini sedang dalam proses, nanti apabila sudah mendekati hari H, barulah sudah dapat dipublikasikan," jelasnya.

Joko Driyono juga menyebutkan untuk lokasi pemusatan latihan dan tanggal ditetapkannya latihan Timnas U-23 akan segera dirilis setelah dibicarakan dengan tim pelatih. Skuat asuhan Aji Santoso ini nantinya akan berkumpul pada 25 Februari 2014 di Jakarta, bersamaan dengan Tim Nasional Senior yang akan menghadapi Arab Saudi pada kualifikasi Piala Asia.

"Pada 18 Februari nanti akan ada pertemuan tim pelatih, di sana barulah dibicarakan mengenai jadwal dan lokasi pemusatan berlatih timnas U-23. Mereka akan berkumpul pada tanggal 25 Februari nanti bersama timnas senior di Jakarta," jelasnya.

Baca Juga:
Striker Tottenham ini Bergaya Bak Aktor Hollywood
Ribery Bisa Raih Ballon d'Or Jika Prancis Juara Piala Dunia
Etihad Stadium Bersiap Tambah Kapasitas
Gunung Kelud Meletus, Timnas U-19 Pakai Pita Hitam
Abu Letusan Kelud Dikhawatirkan Ganggu Kondisi Pemain

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya