Pascapemisahan, Kondisi Kembar Siam asal Filipina Membaik

Carl Aguirre dan Clarence Aguirre mengalami perkembangan kesehatan yang positif setelah sepekan menjalani operasi pemisahan. Kedua bayi masih memerlukan perawatan selama berbulan-bulan di rumah sakit.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Agu 2004, 08:39 WIB
Liputan6.com, New York: Sepekan setelah menjalani operasi pemisahan tempurung kepala, bayi kembar siam asal Filipina, Carl Aguirre dan Clarence Aguirre mengalami perkembangan kesehatan yang positif. Kini, keduanya dapat saling memandang, dan menonton televisi. Meski demikian, keduanya masih berada di bawah pengawasan perawat di Rumah Sakit Anak Montefiore, New York, Amerika Serikat.

Dalam waktu dekat, kembar siam kelahiran 21 April 2002 itu akan menjalani terapi fisik dan wicara di Rumah Sakit Anak Blythdale, Westchester, AS. Setelah itu Carl dan Clarence akan kembali menjalani operasi rekonstruksi tempurung kepala. Kedua bayi juga masih memerlukan perawatan selama berbulan-bulan agar mampu beradaptasi dengan sistem sirkulasi yang telah direkonstruksi tersebut.

Pemisahan Carl dan Clarence tergolong sulit karena otak keduanya berhimpitan [baca: Carl dan Clarence Aguirre Menjalani Operasi Pemisahan]. Sekitar 16 dokter, perawat, dan teknisi membantu menyukseskan jalannya operasi tersebut.(AIS/Idr)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya