Festival Panen Anggur Katsunuma

Setiap musim gugur, kawasan perbukitan Katsunuma, Jepang, menggelar sebuah festival panen anggur. Minuman anggur yang berasal dari wilayah Katsunuma dikenal sangat khas dan sesuai dengan makanan Jepang.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Okt 2004, 05:50 WIB
Liputan6.com, Katsunuma: Sebuah festival anggur berlangsung di wilayah Katsunuma, Jepang, baru-baru ini. Setiap musim gugur, sentra-sentra produksi anggur di daerah perbukitan Katsunuma akan memanen hasil tanaman untuk dijadikan minuman anggur. Saat panen itulah, warga Katsunuma akan menggelar sebuah festival unik.

Festival diisi dengan panen serentak di beberapa perkebunan oleh para gadis yang mengenakan baju berwarna ungu. Setelah itu, mereka menginjak-injak anggur untuk mengambil sari buah yang akan dipakai sebagai bahan dasar minuman. Metode tradisional ini mengundang wisatawan turut berpartisipasi.

Warga juga memberikan minuman anggur pada binatang ternak mereka seperti babi. Peternak berharap dengan memberi minuman itu hewan peliharaan mereka menghasilkan daging yang lebih halus, lunak, dan tidak berbau.

Wilayah Katsunuma terkenal sebagai sentra produksi minuman anggur sejak 130 tahun silam. Warga di kawasan ini menanam berbagai jenis anggur dari seluruh penjuru dunia. Itu dilakukan untuk menemukan jenis anggur yang tepat buat dibudidayakan di Katsunuma. Hasilnya, lebih dari 14 jenis anggur telah dibudidayakan di daerah ini.

Selain itu, beberapa pembuat anggur Katsunuma pun diberangkatkan ke Prancis untuk menimba ilmu. Hasilnya, anggur dari Katsunuma menjadi sesuatu yang khas dan sesuai dengan makanan Jepang itu sendiri.(TOZ/Ijx)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya