Falun Gong, Latihan Membersihkan Pikiran

Falun Gong menawarkan pendekatan rasa belas kasih, kesabaran, dan keaslian. Keuntungannya, pikiran menjadi bersih, stres terhindarkan, dan memperdalam pengertian terhadap arti sebuah kehidupan.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Mar 2001, 06:43 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Setiap manusia tentu tak bisa menghindari persoalan hidup. Di antara mereka, ada yang sukses mengatasi, namun tak jarang pula yang gagal menuntaskannya. Baru-baru ini, di Jakarta, solusi hadir lewat Falun Gong. Kiat terapi tersebut menawarkan pendekatan rasa belas kasih, kesabaran, dan keaslian. Keuntungannya, pikiran menjadi bersih, stres terhindarkan, dan memperdalam pengertian terhadap kehidupan kemanusiaan dan alam semesta. Falun Gong, bukanlah agama maupun sekte. Keberadaan latihan penyembuhan ala Falun Gong ini disampaikan Ketua Falun Gong Indonesia Liman.

Menurut Liman, Falun Gong adalah sebuah sistem terkini yang mengolah pikiran, tubuh, dan jiwa yang berdasarkan sebuah kebijaksaan kuno. Untuk pertama kali solusi itu diperkenalkan di Cina pada tahun 1992 oleh Master Li Hongzi. Entah mengapa tujuh tahun kemudian terapi penyembuhan tersebut sempat ditentang di negara kelahirannya. Namun saat ini, sistem Falun Gong telah berkembang di 45 negara di seluruh penjuru dunia. Sementara di Indonesia, latihan Falun Gong sudah berlangsung selama tiga tahun dengan 500 orang peserta yang tersebar di berbagai daerah.

Latihan Falun Gong ini biasa dilakukan di tempat terbuka. Seluruh aturan terapi terdiri dari lima set gerakan yang bekerja pada sirkulasi energi tubuh. Setiap gerakan mesti dilakukan secara perlahan dan lembut. Tak heran bila latihan tersebut dapat diikuti oleh semua orang dari berbagai usia. Menurut Liman, dengan mengikuti latihan ini, beberapa peserta telah merasakan khasiatnya. Bahkan ada yang mengaku sembuh dari berbagai penyakit ringan hingga berat seperti kanker.(BMI/Esther Mulyanie dan Anto Susanto)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya