Thailand Selatan Kembali Diguncang Bom, Satu Tewas

Sekitar pukul 09.00 waktu setempat sebuah bom meledak di depan Siam Commercial Bank, Provinsi Narathiwat, Thailand Selatan. Selain merenggut satu korban jiwa dan melukai enam lainnya, sejumlah kendaraan rusak.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Des 2004, 08:50 WIB
Liputan6.com, Narathiwat: Sebuah bom yang disembunyikan di dalam sebuah sepeda motor meledak di Provinsi Narathiwat, Thailand Selatan, Jumat (24/12). Bom yang meledak sekitar pukul 09.00 waktu setempat itu terjadi tepat di depan Siam Commercial Bank, di Kota Sungai Kolok, sebuah kota wisata yang berbatasan antara Thailand dan Malaysia. Insiden ini menewaskan satu orang dan enam lainnya cedera. Ledakan bom juga merusakkan sejumlah kendaraan.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insiden itu. Namun, pihak berwenang Thailand menuding kelompok militan muslim sebagai dalangnya. Kini, pasukan keamanan bersiaga di tiga provinsi di Thailand Selatan yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tiga Provinsi itu adalah Yala, Narathiwat dan Pattani. Langkah ini ditempuh menjelang satu tahun peringatan serangan terhadap markas tentara Thailand di Narathiwat, 4 Januari mendatang.

Belum lama ini, Pemerintah Thailand mengarahkan tuduhan keras kepada Malaysia terkait masalah terorisme di Negeri Gajah Putih. Malaysia dianggap membiarkan keberadaan kamp pelatihan militan muslim Thailand di Hutan Kelantan, Malaysia [baca: Malaysia Dituduh Membiarkan Kamp Teroris].(DNP/Idr)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya