Sukses

Serba-Serbi Olahraga Anggar yang Jarang Diketahui

Faktor perlengkapan dan peralatan penunjang olahraga yang relatif mahal bisa menjadi faktor kurang populernya anggar.

Fokus, Samarinda - Butuh keahlian dan berbagai perlengkapan khusus untuk menunjang olahraga ketangkasan dengan senjata ini, anggar. Anggar berasal dari bahasa Prancis, En Garde yang berarti bersiap.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (4/7/2018), kemampuan menusuk, memotong hingga menangkis senjata lawan menjadi teknik utama dalam olahraga anggar atau fencing.

Sayangnya, meski jadi salah satu olahraga tertua di dunia, anggar kurang populer jika dibandingkan dengan sepak bola atau bulutangkis.

Faktor perlengkapan dan peralatan penunjang olahraga ini yang relatif mahal bisa jadi faktor kurang populernya anggar. Sebut saja pedang, baju dan celana anggar, masker serta sarung tangan.

Jenis pedang dalam anggar ada tiga nomor. Pedang floret dikenal juga foil pedang. Target area serangan di bagian bawah leher hingga pangkal paha dengan bentuk yang lentur dan ringan.

Pedang degen juga untuk menusuk. Namun, di ujungnya terdapat tombol untuk menusuk. Target areanya mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ketiga, pedang sabel berbentuk segitiga dan ujungnya tidak tajam. (Muhammad Gustirha Yunas)