Sukses

Turnamen Badminton Junior Asia 2024 Digelar di Yogyakarta

Indonesia akan turun dengan kekuatan terbaik di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024

Liputan6.com, Jakarta- Yogyakarta dipercaya menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis bertajuk BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Event bergengsi untuk atlet badminton junior itu dihelat pada Jumat (28/6/2024) sampai Minggu (7/7/2024) di GOR Amongrogo.

Ini menjadi kali kedua Kota Pelajar dipilih Badminton Asia untuk menyelenggarakan turnamen akbar bulutangkis bergengsi di kawasan Asia setelah tahun 2023. Yogyakarta punya sejarah panjang di dunia tepok bulu dengan banyak melahirkan pemain yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Diharapkan dengan banyaknya turnamen internasional di Kota Gudeg akan memacu munculnya bibit pebulutangkis potensial dari Yogyakarta dan sekitarnya.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Ibnu Hajar mengungkapkan bahwa Yogyakarta siap menggelar ajang akbar bulutangkis junior Asia yang total diikuti 293 atlet. Diharapkan dengan dukungan penuh masyarakat kota Pelajar, prestasi atlet Indonesia di nomor beregu campuran maupun perorangan bisa meraih gelar.

“Mohon doa restu dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya agar tahun ini Indonesia bisa meraih gelar juara. Dari kami panitia, ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 dipastikan sudah siap digelar,” ujar Ibnu dalam konferensi pers di Hotel Victoria, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/6) siang.

BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 mempertandingkan nomor beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman yang diikuti 15 negara. Untuk nomor beregu campuran setiap tim menurunkan tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Adapun untuk nomor perorangan total 18 negara akan turut berpartisipasi.

Persaingan di turnamen ini juga akan berlangsung sengit dengan kehadiran China yang mengirimkan kekuatan terbesar dengan 30 atlet. Lalu, Thailand (29 atlet), Filipina (21), Malaysia (20), Jepang (20), Chinese Taipei (20), India (18), Korea Selatan (16), Singapura (12), Hong Kong China (12), Uni Emirat Arab (10), Vietnam (10), Macau China (9), Kazakhstan (5), Arab Saudi (4), Myanmar (2), dan Iran (1). Sementara tuan rumah menerjunkan 52 atlet terbaiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Turunkan Kekuatan Terbaik

Area Head 2 BNI Wilayah 17, Widiarto punya harapan besar mendukung penyelenggaraan olahraga tepok bulu di kota Pelajar. Widiarto berharap pebulutangkis tuan rumah bisa meraih gelar juara dan penyelenggaraan turnamen sejak hari pertama sampai terakhir berjalan dengan lancar.

“Kami menaruh harapan tinggi yang tinggi terhadap keberhasilan terselenggara turnamen baik dari segi pencapaian prestasi, kelancaran acara dan kenyamanan serta keamanan serta seluruh pihak yang terlibat dalam kehidupan ini,” ungkap Widiarto.

Sejauh ini GOR Amongrogo sudah bersolek dan siap menyambut ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Diharapkan fan bulutangkis bisa hadir langsung memberikan semangat untuk atlet tuan rumah yang bertanding. Pada turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 persaingan pada setiap babaknya, baik nomor beregu campuran maupun perorangan dipastikan bakal seru mengingat ada gengsi yang dipertaruhkan.

Dari sisi atlet, beberapa pemain tuan rumah yang turun bertanding yakni Bismo Raya Oktora (tunggal putra), Mutiara Ayu Puspitasari, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi (tunggal putri), Anselmus Breagit Fredy Prasetya dan Pulung Ramadhan (ganda putra) siap tempur baik di sektor beregu campuran maupun perorangan.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Pembagian Grup

PEMBAGIAN GRUP KEJUARAAN BEREGU

Grup A: Thailand, Korea Selatan, Chinese Taipei

Grup B: Malaysia, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, Macau China

Grup C: Indonesia, India, Vietnam, Filipina

Grup D: China, Jepang, Singapura, Hong Kong China

JADWAL PERTANDINGAN BEREGU CAMPURAN INDONESIA

Jumat (28/6/2024) Pukul 08.30 WIB: Indonesia vs Filipina

Sabtu (29/6/2024) Pukul 09.00 WIB: Indonesia vs Vietnam

Minggu (30/6/2024) Pukul 16.00 WIB: Indonesia vs India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.