Sukses

Diikuti 1200 Peserta, Indonesia Open Gymnastics 2024 Munculkan Bibit-Bibit Berbakat

Ada lima disiplin yang dipertandingan di Kejuaraan Senam Indonesia Open Gymnastics 2024 yakni artistik, ritmik, trampolin, aerobik dan parkour.

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani/ Gymnastics Indonesia), Ita Yuliati puas dengan pelaksanaan Kejuaraan Senam Indonesia Open Gymnastics 2024 yang resmi berakhir Minggu 14 Juli 2024. Banyak hal positif yang didapat selama ajang ini berlangsung 11 hari.

Kejuaraan Senam Indonesia Open Gymnastics 2024 diikuti peserta total 1.200 orang. Ada lima disiplin yang dipertandingan di Kejuaraan Senam Indonesia Open Gymnastics 2024 yakni artistik, ritmik, trampolin, aerobik dan parkour.

Dari evaluasi penyelenggaraan selama 11 hari, PB Persani senang karena banyak ditemukan bibit-bibit berbakat yang diharapkan bisa menjadi atlet yang mengharumkan nama Indonesia seperti Rifda Irfanaluthfi yang menjadi atlet senam pertama tanah air yang bisa menembus Olimpiade.

"Alhamdulillah kami sudah menuntaskan rangkaian Indonesia Open selama 11 hari. Catatan-catatan yang kami lihat dari setiap disiplin, kami melihat banyak sekali bibit-bibit muda ternyata di artistik yang sudah tiga tahun. Kami lihat catatannya yang dua tahun lalu ikut sekarang ikut peningkatannya signifikan. Kami melihat perkembangannya cukup baik," ujar Ita saat penutupan Indonesia Open Gymnastics 2024 di halaman Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat.

"Aerobik perkembangannya juga sangat baik. Sayangnya tidak bisa ikut serta di SEA Games sudah dua kali. Trampolin karena baru tapi saya kaget juga banyak anak-anak muda yang menyukainya. Komunitas Parkour sudah terbentuk lama. Kini mereka antusias bergabung dengan Persani karena mereka lihat dengan bergabung bisa meniti karier dalam hal atlet dan prestasi," tutur Ita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parkour Baru Debut

Sementara itu, dalam kegiatan penutupan hari ini, Rezza Tirtamarhaenis Putra Fansa, tampil sebagai juara parkour kategori Freestyle Open. Sedangkan runner-up diraih Gavryel G. Denel, serta peringkat ketiga direbut Indra Rozian Rohmani.

Untuk peserta terbaik putra (best man) kategori Freestyle Open 13-17 tahun diraih Benjamin Thomas Partono dan peserta terbaik putri (best woman) kategori Freestyle Open Woman disabet Mikayla K. Denel.

Sebagai catatan pada Indonesia Open Gymnastics, trampolin dan parkour baru kali ini diikutsertakan. Indonesia Open Gymnastics sendiri sudah memasuki tahun ketiga. Pada edisi pertama, kejuaraan hanya mempertandingkan disiplin artistik. Kemudian, diikuti disiplin ritmik dan aerobik saat tahun kedua pelaksanaan.

3 dari 3 halaman

Jaring Bibit Atlet Nasional

Sementara itu Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memuji PB Persani yang telah luar biasa menyelenggarakan Indonesia Open Gymnastics 2024, dengan lima disiplin.

Menurut Okto, Persani sudah menunjukkan sesuatu yang luar biasa guna menyelenggarakan kegiatan itu, sehingga bisa menjaring dan memfasilitasi bibit-bibit atlet nasional untuk berkompetisi, sehingga bisa mendorong peningkatan prestasi olahraga nasional ke depan.

"Mencari bibit itu tantangan yang sulit, tetapi mempertahankan atlet untuk bisa lolos ke Olimpiade ke depan itu lebih sulit," kata Okto.

Terlaksananya 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 tak lepas dari dukungan sponsor. Alita menjadi sponsor utama dan didukung oleh Taspen, British School Jakarta, Taishan, Brick, Global Vista, serta Primaya Hospital yang membantu untuk disiplin trampoline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini