Sukses

Asian Para Games: Pamer Aksi Memanah, Penonton Elu-elukan Nama Jokowi

Jokowi menghadiri upacara pembukaan Asian Para Games.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi menyentuh hadir di upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Momen itu terjadi saat Presiden Joko Widodo menghampiri anak bernama Bulan Karunia Rudianti yang ingin menyampaikan pesan kepadanya.

Salah satu rangkaian acara upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (6/10/2018), adalah tema Semangat Keajaiban. Dalam momen itu sendiri muncul Sabar Gorky yang notabene pendaki gunung disabilitas.

Setelah itu, ada adegan di mana memperlihatkan pinisi, perahu tradisional Indonesia dengan dua tiang. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan memutar sebuah video yang mengisahkan tentang Bulan, sang pemeran utama.

Dalam video tersebut diceritakan soal persahabatan Bulan dengan orang-orang hebat. Lalu, Bulan dan teman-temannya mengirimkan pesan kepada Jokowi di dalam kotak. Ini adalah interpretasi ulang soal surat yang memang benar-benar dikirimkan Bulan kepada Jokowi beberapa tahun lalu.

Sedangkan yang berperan sebagai teman-teman Bulan adalah Sabar Gorky, Sri Lestari (aktivis kaum difabel), Abdul Hamid (atlet panahan Indonesia) dan Achmad Zulkarnain. Video itu memperlihatlan perjuangan mereka untuk menyampaikan pesan kepada Jokowi.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Jokowi

Selanjutnya, ada momen yang seakan menunjukkan bahwa Bulan telah tiba di SUGBK. Jokowi yang berada di Royal Box pun langsung turun menghampirinya. Setelah itu, Jokowi, Bulan, dan Abdul Hamid memperagakan aksi memanah yang membuat huruf D, I, dan S dalam kata 'disability' hancur.

Sebelum memperagakan aksi memanah, Jokowi membuat penonton histeris karena terlebih dulu membuka jas dan menggulung lengan kemeja. Setelah aksi memanah, penonton yang hadir pun meneriakkan nama Jokowi selama beberapa saat.

Acara dilanjutkan dengan pengibatan bendera Asian Paralympic Committee dan pembacaan sumpah atlet. Penonton juga dihibur dengan keahlian Allafta Hirzi Sodi atau yang lebih dikenal Zizi dalam memainkan piano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.