Sukses

Kementerian ESDM Cuma Bagikan 500 Konverter Kit di Seluruh Indonesia

Meski hanya 500 unit, konverter kit tersebut akan dibagi rata ke kendaraaan dinas di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) hanya akan membagikan 500 alat konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) yang dipasang di kendaraan atau dikenal konverter kit.

"ESDM tetap ada, tapi cuma sedikit. Cuma sekitar 500-an," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Edy Hermantoro  seperti ditulis di Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Dia mengungkapkan, meski hanya 500 unit,  konverter kit tersebut akan dibagi rata ke kendaraaan dinas di seluruh Indonesia.

"Belum tentu di Jakarta masih banyak juga yang minta. Surat-surat pada minta," tuturnya. 

Menurut Edy, untuk kendaraan pribadi,  instansinya  tidak akan memberikan konverter kit dan hanya akan memberikan ke kendaraan dinas pemerintah.

"Kan konverternya apa mesti harus dari pemerintah?, Kan begitu.  Dari pemerintah kan paling pemdanya, TNI Polri. Nanti ke situ semua yang Jakarta minta dimarahin saya," ungkap dia.

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajas mengungkapkan, Indonesia terlambat dalam menyadikan konverterkit sehingga program konversi BBM ke BBG pun berjalan lambat.

Namun pemerintah tidak mungkin mengadakan konverter kit untuk semua kendaraan dengan uang negara, karena terlalu banyak kendaraan,

"Kita terlambat menyediakan konveterkit tapi tidak mungkin disedian APBN ada ribuan itu, tapi kita berikan insentif gas jauh lebih murah setara setara liter BBM," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini