Sukses

Mobil Murah Stop Pakai Premium Bikin Pasar Mobil Bekas Bergairah

Diprediksi ada sejumlah faktor yang bakal menjadi momentum kenaikan permintaan mobil bekas di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Meski sempat anjlok akibat banjir, demam mobil Low Cost and Green Car (LCGC) dan kenaikan suku bunga kredit, pangsa pasar mobil bekas di dalam negeri diprediksi bakal kembali bergairah.

Hal tersebut terlihat dari geliat transaksi di pusat penjualan mobil bekas terbesar di Indonesia, Bursa Mobil WTC Mangga Dua, Jakarta Utara.

Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih memprediksikan ada sejumlah faktor yang bakal menjadi momentum kenaikan permintaan mobil bekas di Indonesia.

Pertama, adanya wacana pemerintah yang akan mengevaluasi keberadaan program LCGC yang mayoritas masih konsumsi premium (terus membebani subsidi BBM).

"Artinya ini bisa jadi peluang bagi pasar mobil bekas. Jika terbit aturan terkait larangan penjualan BBM bersubsidi untuk mobil LCGC, otomatis konsumen akan kembali beralih ke mobil bekas yang kualitasnya, jauh lebih bagus di atas LCGC," kata Herjanto disela acara penyerahan hadiah program “Kredit Langsung Lunas BCA Finance", di WTC Mangga Dua, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Dia mengakui, dampak sesaat yang timbul dari mobil LCGC memang ada, namun seberapa besar dampak tersebut terhadap penjualan mobil bekas  belum dapat diukur secara pasti.

"Kita belum tahu secara pasti faktor apa yang paling kuat, sehingga menyebabkan penjualan pada Februari sempat anjlok. Bisa jadi karena faktor banjir, dampak LCGC, atau juga kenaikan suku bunga kredit pembiayaan," tukasnya.

Herjanto mengungkapkan, angka penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua sendiri sepanjang Februari lalu, sempat merosot ke angka 1.800 unit, jauh di bawah penjualan rata-rata per bulan sebesar 2.400 unit.

Namun memasuki Maret, angka penjualan kembali normal bahkan cenderung meningkat. "Sampai tanggal 27 Maret penjualan sudah mencapai 2.300 unit, kalau melihat trennya saya optimistis sampai akhir bulan bisa tembus angka 2.600 unit," Herjanto yakin.

Dia menambahkan, selain tren LCGC yang sudah memudar, kenaikan permintaan mobil bekas juga dikarenakan adanya kebijakan pemerintah yang bakal menaikan  Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah (di atas 3.000cc), dari 75% menjadi 125% sampai 150% pada April mendatang.

"Sekarang saja dampaknya sudah terasa, permintaan mobil bekas di atas 3.000cc sudah mulai meningkat. Kalau jadi diberlakukan, saya yakin mobil mewah bakal jadi buruan para kolektor, karena kalau PPnBM-nya tinggi otomatis kolektor akan mencari mobil bekasnya," tukasnya.

Hal tersebut dibenarkan KA Wibowo, Deputi Direktur Mobil Bekas BCA Finance. Menurut Wibowo, sejak wacana tersebut muncul ke permukaan, setiap harinya BCA Finance kebanjiran lembar aplikasi permohonan pembiayaan untuk mobil mewah tersebut.

"Kalau ditotal sekitar 20% dari total aplikasi permohonan pembiayaan yang masuk ke BCA Finance, masuk kategori mobil mewah yang harganya di atas Rp 500 juta," Wibowo mengungkapkan.

Baik Herjanto maupun Wibowo, optimistis angka penjualan mobil bekas, khususnya segmen mobil mewah mulai April mendatang bakal mengalami kenaikan sebesar 50% dibandingkan saat ini.

Strategi Dongkrak Penjualan

Untuk lebih mengairahkan penjualan mobil bekas di Bursa mobil WTC Mangga Dua, pihak pengelola WTC Mangga Dua menggandeng BCA Finance selaku lembaga pembiayaan rekanan di WTC dan asuransi BCA Insurance mengadakan program undian bagi konsumen dengan nama “Kredit Langsung Lunas”.

Program ini sudah di mulai sejak tanggal 1 Juni 2013 lalu dan berlangsung hingga 28 Februari 2014, dan akan dilakukan pengundian pada acara hari ini.

Sedikit ringkasan mengenai program ini, “Program Kredit Langsung Lunas”, sesuai judul programnya, berupa pelunasan sisa hutang kredit mobil konsumen tersebut.

Ada 3 kategori hadiah, yaitu pelunasan sebesar 50 Jt, 75 Jt dan terakhir sebesar 100 Jt. Selain hadiah utama, kami juga menyediakan puluhan hadiah hiburan, berupa 10 TV dan 10 Lemari Es, sehingga total hadiah kali ini sebanyak 23 hadiah.

Program kali ini juga masih berupa undian dengan sistem point, bila konsumen kredit mobil menggunakan BCA Finance dan BCA Insurance sebagai maskapai asuransinya, akan mendapat 1 point undian. Namun apabila konsumen tersebut menggunakan Fix & Cap, maka point yang mereka dapat menjadi 5 point.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini