Sukses

BKPM Siap Bantu Foxconn Bangun Pabrik Ponsel di RI

Badan Koordinasi Penanaman Modal menyatakan siap memfasilitasi produsen komponen asal Taiwan, Foxconn untuk berinvestasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan siap memfasilitasi produsen komponen asal Taiwan, Foxconn untuk berinvestasi di Indonesia. Rencananya perusahaan tersebut akan membangun pabrik ponsel di Jakarta.

Kepala BKPM, Mahendra Siregar mengatakan, pihaknya telah memberikan izin prinsip kepada Foxconn sebagai langkah membenamkan investasi di negara ini.

"Saya sudah kasih, karena saya sudah mengadakan pertemuan beberapa kali. Tapi saya dengar mereka sedang menjajaki mitra maupun lokasi (investasi)," kata dia di APKASI Trade and Investment Summit di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Lebih jauh Mahendra mengaku, setelah izin prinsip tersebut keluar, maka tahap selanjutnya adalah urusan Foxconn untuk membahas investasi dari sisi bisnis.

"Jadi tinggal mereka yang harus bahas di tingkat business to business karena mencari mitra dan lokasi itu merupakan keputusan di tingkat perusahaan," papar Mahendra.

Meski demikian, Mahendra memberi dukungan penuh terkait investasi senilai miliaran dolar itu. "Saya siap memfasilitasinya jika untuk keperluan investasi di sini," tandas dia.

Foxconn berencana membangun pabrik di Indonesia dengan investasi sekitar US$ 1 miliar. Foxconn telah memilih provinsi DKI Jakarta untuk membangun pabriknya. Pemerintah DKI Jakarta akan menyediakan lahan sekitar 200 hektar untuk pembangunan pabrik Foxconn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.