Sukses

Gairahkan Produsen, Harga BBN Bakal Naik

Peningkatan campuran BBN ke dalam premium dan solar sangat dipenting demi menekan anggaran subsidi BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berjanji akan memperbaiki harga bahan bakar nabati (BBN) terlebih dahulu sebelum meningkatkan campuran pada bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Menurut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), perbaikan harga beli BBN untuk kandungan BBM bertujuan untuk meningkatkan gairah para produsen biofuel memperbanyak produksinya.

"Harga kita rapikan. Biar produsen biofuelnya juga bergairah," kata Jero, sebelum menghadiri rapat tetang biofuel di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Jero menuturkan, saat ini pemerintah sudah memiliki target campuran BBN pada BBM 10% dan sudah menjalankan target tersebut.  Rencananya target itu akan ditingkatkan menjadi 20% pada tahun ini.

Peningkatan campuran BBN ke dalam premium dan solar sangat dipenting demi menekan subsidi BBM di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Setiap tahun, pemerintah harus 'membakar' duit ratusan triliun rupiah untuk subsidi BBM.

Tak hanya itu, langkah ini juga bisa membantu pemerintah mengurangi impor BBM sehingga bisa memperbaiki neraca perdagangan Indonesia.


"Target kami 20%, Nanti pada 2015 semakin besar lagi," pungkasnya.

Video Terkini