Sukses

Puente de Alamillo, Jembatan Mirip Harpa Raksasa di Spanyol

Berlokasi di kota tua, Seville, jembatan Puente del Alamillo menjadi salah satu monumen nasional kebanggaan Spanyol.

Liputan6.com, Seville - Berlokasi di kota tua, Seville, jembatan Puente del Alamillo menjadi salah satu monumen nasional kebanggaan Spanyol. Bentuknya yang sederhana justru membuat Almillo terlihat mewah dan elegan khususnya di malam hari.

Uniknya, saat lampu-lampu jembatan menyala menyinari lintasan penghubung pulau tersebut, Alamillo tampak seperti harpa rasasa. Kabel-kabel besar yang membentang dari bagian tengah jembatan ke tiang penyangga tampak seperti senar `harpa` tersebut.

Jembatan Alamillo dibangun sejak 1992 saat Spanyol menjadi tuan rumah sebuah ajang internasional yang dihadiri puluhan juta penduduk dari ratusan negara, Expo 1992.

Meski telah berusia 22 tahun, Almillo tetap menjadi salah satu tempat favorit yang dikungjungi turis-turis asing. Tak heran, Alamillo tidak hanya dianggap sebagai jembatan tapi juga menjadi monumen paling penting di Spanyol.

Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Technology dan The Travelers Press, Rabu (30/4/2014):

2 dari 4 halaman

Monumen Nasional

Dianggap sebagai monumen nasional

Jembatan yang gagah dan indah asal Spanyol ini dibangun pada 1992 untuk menghubungkan Canal de Alfonso XIII dan La Cartuja, sebuah pulau disisi lain kanal. Struktur tiang kantilever tunggal di jembatan tersebut membentang sempurna dan terlihat sangat mencolok di malam hari.

Salah satu jembatan terbesar di Spanyol ini dirancang khusus untuk menunjukkan peningkatan harapan masyarakat Seville pada Expo 1992. Kala itu, Spanyol memang ditunjuk menjadi tuan rumah Expo 1992, ajang internasional yang digelar sebagai perayaan penemuan benua Amerika oleh Christopher Columbus.

Pemerintah kota Saville akhirnya memutuskan untuk membangun sejumlah jembatan baru sebagai bagian dari persiapan menyambut puluhan juta pengunjung dalam ajang tersebut. Empat jembatan penghubung pulau dibangun dan salah satunya adalah Puente del Alamillo, salah satu yang terindah di Spanyol.

Hingga saat ini, Alamillo dianggap sebagai salah satu monumen arsitektural paling penting di Spanyol.

 

3 dari 4 halaman

Mirip Harpa

Desainnya mirip harpa raksasa

Awalnya, Calatrava mendesain jembatan Alamillo dengan pasangan bentangan kabel simetris di setiap sisinya. Akhirnya, hanya ada bentangan sejumlah kabel di satu sisi yang akhirnya berhasil dibangun membuatnya tampak seperti senar raksasa.

Siapa sangka, desain asimetris tersebut justr mampu menjadi fitur mencolok jembatan Alamillo. Tiang tunggal yang agak condong dengan bentangan kabel dari bagian tengah jembatan membuatnya tampak seperti harpa raksasa.

Tiang tunggalnya berdiri condong menjauh dari sungai dan membentang tiga belas pasang kabel raksasa sepanjang 200 meter. Berat beton dan tiang penyangga menjadi penyeimbang untuk dek jembatan. Semua tiang, pilar dan kabel yang digunakan untuk membangun jembatan tersebut dicat warna putih.

Perancangnya, Santiago Calatrava merupakan arsitek asal Spanyol yang terkenal secara internasional dan berhasil memenangkan sejumlah penghargaan global.

 

 

4 dari 4 halaman

Telan Rp 451 Miliar

Kontruksi jembatan Alamillo telan Rp 451 miliar

Melalui jembatan tersebut, Alamillo menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dari kota tua Seville. Maklum, biaya pembangunan jembatan Alamillo menelan biaya hingga US$ 39 juta atau Rp 451,2 miliar.

Untuk materialnya saja, Alamillo menghabiskan dana hingga lebih dari US$ 20 juta atau Rp 231,4 miliar. Pembangunan jembatan tersebut memang digunakan sebagai salah satu simbol kebangkitan ekonomi Spanyol.

Bangunan mirip harpa raksasa tersebut kini lebih dianggap sebagai monumen nasional dibandingkan sekadar jembatan.