Sukses

Tercepat Sejagat, Kereta China Tempuh 30 Km Kurang dari 8 Menit

Shanghai Maglev merupakan kereta tercepat di dunia yang memiliki kemampuan melesat dengan kecepatan maksimum 430 km/jam.

Liputan6.com, Shanghai - Kereta merupakan salah satu model transportasi yang paling disukai berbagai kalangan masyarakat di dunia. Tak hanya karena harga tiketnya yang murah, tapi juga karena kecepatannya yang membuat para penumpang mampu menempuh jarak jauh dalam waktu relatif lebih singkat.

Bagi Anda para pengguna setia kereta, tampaknya Shanghai Maglev (Magnetic Levitation) merupakan salah satu yang patut dicoba. Keunggulannya tak perlu diragukan lagi, Shanghai Maglev merupakan kereta tercepat di dunia yang melesat dari satu tempat ke tujuannya dalam hitungan menit saja.

Bayangkan saja, kereta tersebut dapat melesat sejauh 30 kilometer (km) hanya dalam waktu kurang dari delapan menit saja. Jarak tersebut setara dengan bepergian dari Shanghai ke Pudong International dan pastinya memudahkan akses para turis ke bandara.

Maklum saja, Shanghai Maglev memiliki kemampuan melesat dengan kecepatan maksimum 430 km/jam. Terlepas dari itu, kereta Shanghail Maglev dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 251 km/jam.

Bahkan kecepatan uji cobanya mampu menembus level 510 km/jam. Lantas bagaimana asal-usul dan penampakan kereta tercepat dunia milik China ini?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Travel China Guide, Railway Technology dan Gulf Business, Rabu (7/5/2014):

2 dari 5 halaman

Gandeng Siemens

Hasil kerjasama dengan Siemens

Kereta China dengan sistem levitasi magnetik dibangun sebagai usaha patungan antara Siemens dan ThyssenKrupp yang diluncurkan pertama kali pada 2003. Sejauh ini, Shanghai dimiliki dan dikelola Shanghai Maglev Transportation Development Co. (SMTDC).

Kereta buatan China ini mengadopsi teknologi Jerman dalam pembuatannya. Meski resmi diluncurkan pada 2003, tetapi Maglev baru memulai operasi komersialnya pada April 2014.

Kereta itu menjadi model transportasi pertama yang secara komersial beroperasi di atas jalur levitasi magnetik. Pudong International Airport menjadi tujuan akhir dari kereta tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Tercepat di dunia

Kereta tercepat di dunia

Dengan kecepatan operasional maksimum 430 km/jam, tak heran jika Shanghai Maglev dinobatkan sebagai kereta dengan kecepatan tertinggi di dunia. Bayangkan saja, kereta milik China ini mampu menempuh jarak 30 km dari Shanghai ke Pudong International Airport hanya dalam waktu kurang dari delapan menit.

Kereta yang menggunakan teknologi levitasi magnetik ini dinobatkan yang tercepat saat transportasi tersebut melesat mencapai tujuan. Kota metropolis Shanghai memang selalu menjadi perhentian pertama banyak turis yang bepergian ke China.

Anda dapat dengan mudah menuju Shanghai setelah tiba di Pudong International Airport. Para penumpangnya sudah pasti sangat terkesan dengan kecepatan kereta yang luar biasa.

Alat transportasi itu merupakan kereta komersial pertama yang menggunakan jalur levitasi magnetik dalam operasinya dan langsung menjadi kereta tercepat di dunia. Jurusan dari dan kemanapun menggunakan Shanghai Maglev dapat ditempuh hanya dengan delapan menit saja.

4 dari 5 halaman

Rel kereta terhebat

Mimpi China bangun jaringan rel kereta terhebat di dunia

China memang tengah bekerja keras membangun salah satu jaringan kereta berkecepatan tinggi terhebat di dunia. Negara tersebut dengan berani bekerjasama mengadopsi berbagai teknologi dari sejumlah pelosok dunia.

Jalur kereta dari bandara ke kota-kota besar di China memang sengaja diciptakan untuk memamerkan kehandalan jalur levitasi magnetik yang dimilikinya. Kereta tersebut dapat mengantarkan para penumpang dari bandara ke Shanghai dan Beijing dalam waktu singkat.

Sejauh ini, Shanghai menjalankan dua kereta levitasi magnetik dalam serangkaian jalur paralel. Konstruksi kereta yang baru dibangun pada Maret 2001 ini akhirnya rampung dan pertama kali digunakan bepergian dengan penumpang pada Oktober 2003.

5 dari 5 halaman

Kesan penumpang

Kisah penumpang kereta tercepat di dunia

Salah seorang penumpang kereta tercepat di dunia akhirnya berbagi pengalamannya di situs pribadinya. Menurut dia, kereta Shanghai Maglev memiliki ruangan interior yang sangat nyaman dengan kursi yang luas.

Bagi Anda yang ingin berpetualang dalam waktu cepat dari kota ke kota, tak perlu khawatir, Shanghai Maglev dapat melesat ke tempat tujuan hanya dalam hitungan menit. Saat penumpang baru duduk, kereta mulai bergerak dengan sangat lembut dan halus.

Bahkan Anda tak akan merasakan suara bising yang memekakan telinga meski kereta tersebut melesat dengan kecepatan sangat tinggi. Produsen kereta juga menyediakan speedometer raksasa agar para penumpang dapat melihat seberapa cepat kereta tersebut melesat.

Kereta tersebut menambah laju kecepatannya dalam waktu sangat singkat sekitar 200km/jam hanya dalam 30 detik. Ada kesenangan tersendiri saat kecepatan kereta terus meningkat.

Sementara pemandangan di luar jendela termasuk seluruh bangunannya sangat sulit untuk dilihat dan hanya berbentuk garis-garis ilusi semata. Tapi momen itu tak bertahan lama, kereta akan segera melambat dan tanpa terasa Anda sudah tiba di tempat tujuan.