Sukses

Tercepat Kedua Dunia, Kereta CRH 380A Mampu Melesat Tanpa Suara

China ternyata tak pernah main-main dengan mimpinya membangun salah satu jaringan kereta berkecepatan tinggi terhebat dunia

Liputan6.com, Shanghai - China ternyata tak pernah main-main dengan mimpinya membangun salah satu jaringan kereta berkecepatan tinggi terhebat dunia. Terbukti, dua kereta yang diciptakannya mampu mencatatkan rekor tercepat di dunia.

Setelah berhasil membuat masyarakat dunia berdecak kagum dengan kereta tercepat di dunia, Shanghai Maglev, China kembali membuat gebrakan baru dengan melahirkan Harmony CRH 380A.

Didaulat sebagai kereta tercepat kedua di dunia, Harmony CRH 380A mampu melesat dengan kecepatan maksimum 380 kilometer/jam saat beroperasi.

Selama ujicobanya, Harmony CRH 380A bahkan mampu melesat dengan kecepatan 486,1 km/jam di jalur antar kota Shanghai-Hangzhou pada Desember 2010. Tapi keunggulan Harmony CRH 380A tidak hanya terletak pada kecepatannya saja.

Desain interior yang bersih dan elegan sudah pasti memanjakan para penumpang kereta super cepat ini. Tak hanya itu, kereta canggih ini bahkan tidak menimbulkan goncangan sedikitpun saat melaju membawa para penumpangnya ke tempat tujuan.

Lantas bagaimana kecanggihan dan keunggulan kereta berkecepatan sangat tinggi asal China ini? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Railway Technology, IBT Times, dan English CNTV, Kamis (8/5/2014):

2 dari 6 halaman

Pemberian Izin Baru Keluar 7 Tahun

Izin proposal Harmony CRH 380A baru keluar setelah 7 tahun

Proposal perancangan kereta berkecepatan tinggi sebenarnya sudah dimulai sejak awal 2001. Namun baru pada Februari 2008, Kementerian Perkeretaapian China menandatangani kesepakatan pengembangan inovasi kereta-kereta berkecepatan tinggi.

Dalam kesepakatan itu, pemerintah China berencana membangun generasi baru kereta berkecepatan tinggi dengan kecepatan rata-rata di atas 350km/jam. Proyek tersebut rencananya akan rampung dalam lima tahun setelah persetujuan pemerintah dikeluarkan.

Kereta super cepat itu lantas dirakit dan mulai menjalani tes pada awal 2010. Pada Oktober 2010, kereta yang izin pembangunannya memakan waktu hingga tujuh tahun tersebut akhirnya mulai beroperasi secara komersil.

3 dari 6 halaman

Jadi Tercepat Kedua di Dunia

Harmony CRH 380A, kereta tercepat kedua di dunia

CRH 380A merupakan kereta berkecepatan super tinggi yang dikembangkan China South Locomotive & Rolling Stock Corporation (CSR).

Kereta tersebut merupakan salah satu dari empat model kereta yang dirancang dapat beroperasi dengan kecepatan rata-rata 380 km/jam.

CRH 380A mulai beroperasi reguler melayani penumpang dengan tujuan Shanghai-Nanjing dan Shanghai-Hangzhou di rel khusus kereta berkecepatan tinggi sejak Oktober 2010. Pada Desember di tahun yang sama, CRH 380A mulai melayani rute Wuhan-Guangzhou untuk perjalanan sehari-hari.

Dengan kecepatan maksimum mencapai 468,1 km/jam, kereta asal China ini mampu memegang prestasi sebagai kereta dengan kecepatan tertinggi kedua di dunia. Namun, untuk kategori lintasan layanan kereta berkecepatan tinggi di dunia, CRH 380A menjadi jagoannya.

Kereta Harmony CRH 380A mampu melesat dengan kecepatan rata-rata 380 km/jam. Rancangan transportasi berkecapatan tinggi ini merupakan hasil penelitian sejumlah universitas di China.

4 dari 6 halaman

Lolos 1000 Kali Uji Teknis

Lolos 1.000 kali uji teknis

Rancangan salah satu kereta tercepat di dunia ini dibangun dengan mengacu pada empat kategori utama yaitu, skema gambar, rencana teknologis, struktur dan pembangunan serta eksperimen.

Sebelum dibangun, sebanyak lebih dari 20 desain interior dan eksterior kereta diajukan dan dikirim untuk optimalisasi serta simulasi.

Kereta tersebut juga mengalami lebih dari 1.000 kali uji teknis di 17 wilayah operasi khusus seperti performa dinamis, aerodinamika gerak, serta pantografi.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, teknologi peningkatan kecepatan kereta berhasil ditemukan melalui berbagai penelitian di sejumlah universitas di China.

Badan kereta dilapisi dengan alumunium dan dibentuk dengan struktur bodi mirip ikan di bagian depannya. Memang, sejauh ini, kereta tersebut mengkonsumsi banyak bahan bakar saat melaju dengan kecepatan tinggi.

5 dari 6 halaman

Tak Menimbulkan Kebisingan

Kereta berkecepatan tinggi tanpa suara bising

Salah satu kereta tercepat di dunia ini dirancang khusus untuk mampu beroperasi tanpa menimbulkan getaran sedikitpun. Para penumpang dijamin dapat merasa aman dan nyaman selama bepergian menggunakan kereta berteknologi canggih ini.

Bahkan kereta jenis CRH ini mampu melaju dengan kecepatan 550 km/jam tanpa cacat sedikitpun. Kereta ini juga dilengkapi dengan teknologi pengedap suara yang dapat meredam gangguan dari suara mesin seperti yang kebanyakan ditemukan di model transportasi serupa.

Guna mendanai teknologi super canggih dari kereta tercepat di dunia ini, CSR menerima kontrak pembangunan senilai US$ 215,77 juta dari MTR Hong Kong. Dengan dana tersebut, CSR memasok kereta CRH 380A untuk beroperasi di jalur rel ekspres Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong.

Jalur tersebut diprediksi baru akan mulai berproduksi pada 2015. Saat itu, sejumlah 40 kereta sejenis akan beroperasi melayani sejumlah wilayah unutk tujuan Shanghai-Hangzhou, Shanghai-Nanjing dan Wuhan-Guangzhou.

6 dari 6 halaman

Berbagai Fasilitas di Dalam Kereta

Fasilitas di dalam kereta Harmony CRH 380A

Kereta generasi baru ini terdiri dari berbagai lounge dan memiliki kompartemen enam kursi deluxe. Di dalam kereta, para penumpang disediakan tempat makan terpisah yang disebut Bistro Bar.

Di ruang makan tersebut, para penumpang dapat menikmati sajian makanan dan minuman ringan. Terdapat juga bartender yang siap melayani minuman pilihan penumpang.

Sementara itu, terdapat juga zona VIP di dekat kabbin kemudi. Di sana para penumpang dapat menyingkap tirai kaca elektronik dengan menekan tombol dan melihat pemandangan super indah di sepanjang jalan.

Setiap kursi di kereta ini dilengkapi dengan layar, dashboard, lampu baca dan stop kontak listrik. Kursi berputar juga dipasang di seluruh kompartemen.

Fasilitas khusus juda disediakan untuk para penyandang cacat. Satu toilet khusus penyandang cacat dengan fasilitas pintu otomatis menggunakan tombol on-off juga telah disiapkan.

Â