Sukses

Chairul Tanjung Dilantik Jadi Menko Perekonomian Hari Ini

Serah terima jabatan Menteri Koordinator Perekonomian akan dihadiri oleh sejumlah menteri di bawah Kementerian Bidang Perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta - Reporter: Fiki Ariyanti

Setelah resmi ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) baru, Chairul Tanjung rencananya dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan melakukan serah terima jabatan (sertijab), Senin (19/5/2014).

Demikian disampaikan Humas Kemenko Perekonomian, Sophian. "Pak Chairul Tanjung dilantik dulu oleh Presiden di Istana Negara sekitar pukul 10.00 WIB hari ini," ujar Sophian kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin ini.

Usai pelantikan, tambah dia, mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) itu akan menuju Kantor Kemenko Perekonomian untuk melaksanakan sertijab.

"Sertijab akan langsung dilakukan antara Pak Hatta Rajasa dan Pak Chairul Tanjung di kantor Kemenko pukul 11.00 WIB," kata Sophian. Rencananya, acara sertijab tersebut bakal dihadiri oleh sejumlah menteri di bawah Kementerian Bidang Perekonomian.

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Kepresidenan, Julian Pasha. Dia mengaku, acara pelantikan Chairul Tanjung akan dilaksanakan di Istana Negara. "Pelantikannya dilakukan pagi ini, pukul 10.00 WIB di Istana Negara," ucapnya singkat.

Seperti diketahui, Chairul Tanjung menggantikan Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian di sisa periode Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Hatta Rajasa kini fokus pada urusan politik untuk menghadapi pemilihan presiden Juli mendatang.

"Ya, nanti kalau tidak ada halangan katanya Senin pagi, Jam 09.00 WIB," ungkap Pria yang akrab dipanggil CT itu saat ditemui di Istana Kepresidenan, pekan lalu.

Hatta menuturkan, penunjukkan CT merupakan sebuah langkah yang tepat, karena CT adalah sosok penting juga dalam membantu presiden mengembangkan ekonomi Indonesia.

"Beliau dedikasi tinggi, pekerja keras dan jaringannya luas, oleh sebab itu kita tidak perlu lagi melihat Pak CT menyesuaikan diri karena langsung bisa lari dalam waktu sangat singkat ini," papar Hatta.

Presiden SBY sebelumnya mengungkapkan, alasannya memilih Chairul Tanjung karena dianggap telah mengerti arah pertumbuhan pembangunan Indonesia karena telah menjadi Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) sejak 2010 lalu.

"Selama 5 tahun Pak Chairul Tanjung bukan orang lain. Selain menjabat sebagai Ketua KEN, sangat dekat membantu saya mengatasi masalah ekonomi, termasuk pandangannya agar kebijakan yang ditempuh pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik," tambah SBY. (Fik/ )