Sukses

Lempar Pujian, Hatta Rajasa Beri Chairul Tanjung Empat PR

Puluhan tahun menjalin kedekatan sebagai seorang sahabat, Hatta Rajasa mempunyai segudang cerita tentang Chairul Tanjung.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan tahun menjalin kedekatan sebagai seorang sahabat, Hatta Rajasa mempunyai segudang cerita tentang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung atau CT. Namun sebagai penggantinya, Hatta Rajasa memberi empat pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) di sisa waktu lima bulan ini.

Hatta menyebut, empat pekerjaan rumah itu, antara lain, menjaga stabilitas harga, menjaga kredibilitas fiskal, menjaga pertumbuhan ekonomi pada angka yang pas dan mengurangi defisit transaksi berjalan.

"Kita perlu menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi pengangguran. Bisa berkoordinasi Gubernur Bank Indonesia karena kita punya pekerjaan besar dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah yang menjadi kunci untuk menjaga daya beli masyarakat," jelas dia dalam sambutan Sertijab, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Hatta menggambarkan sosok CT yang pantas menjadi Menko Perekonomian. Karena berbekal pengalaman sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), konglomerat tersebut sangat cakap mengelola bidang perekonomian.

"Saya yakin CT nggak perlu beradaptasi lagi, nggak perlu belajar dan beliau bisa lari kencang. Selamat bertugas," ucapnya.

Lebih jauh dia mengaku, CT sempat beberapa kali ditawari Presiden untuk menjadi menteri yakni pada 2004, dan 2009. Namun tawaran itu ditolak. "Nah sekarang yang cuma lima bulan waktunya dia bersedia. Tapi beliau sudah melepaskan jabatan lain dan fokus sebagai Menko Perekonomian," kata Hatta.

Mantan Menko Perekonomian sejak 21 Oktober 2009 ini pun sempat memuji CT sebagai seorang sahabat yang selalu memberikan solusi dan respons terhadap persoalan ekonomi Indonesia.

"Saat jelang waktu subuh, pasti istri saya akan bilang berkasnya bukan kamu lagi yang mengerjakan, tapi sekarang tugas Pak CT," papar dia diiringi tawa riuh. (Fik/Ndw)