Sukses

Menteri ESDM Beri Usul bagi Capres Soal Energi Terbarukan

Menteri ESDM Jero Wacik menuturkan, India memiliki menteri energi terbarukan dapat menjadi inspirasi bagi pemerintahan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memberikan usulan kepada calon presiden baru dengan adanya Menteri Energi Baru Terbarukan (EBT) di India.

"Ini sekadar wawasan ke depan, saya baru ketemu dengan menteri dari India, ternyata di India ada satu menteri namanya menteri EBT," kata Jero, saat menghadiri saat menghadiri Indonesia EBTKE ConEx 2014, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/6/2014).

Jero menjelaskan, Menteri EBT India tersebut hanya fokus mengurusi energi terbarukan saja. Hal itu karena masalah energi terbarukan tidak hanya cukup diurusi oleh Direktorat Jenderal (Dirjen).

"Jadi satu kementerian ada satu mengurus Energi Baru Terbarukan, jadi mungkin di India tidak cukup ditangani dirjen, sehingga ada menteri," paparnya.

Menurut Jero, hal ini bisa menjadi inspirasi calon presiden baru agar juga fokus mengembangkan energi baru terbarukan. "Ini pemikiran baru diserahkan presiden baru nanti," ungkapnya.

Wakil Presiden Boediono menambahkan, dalam mengembangkan EBT harus ada kerja sama antar instansi dan pemangku kepentingan. Pasalnya, terdapat kendala untuk mengembangkan EBT.

"Kerja sama semangat gotong royong perlu dilakukan di tengah kondisi Indoensia yang kompleks," tutur Boediono. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.