Sukses

Pantau Harga, Para Menteri Sidak Pasar Cipinang dan Gudang Bulog

Berdasarkan pengalaman harga pangan selalu melonjak naik menjelang pelaksanaan Ramadan dan Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berupaya terus memantau kondisi pasokan pangan menjelang pelaksanaan Ramadan. Maklum, berdasarkan pengalaman harga pangan selalu melonjak naik menjelang pelaksanaan Ramadan dan Lebaran.

Seperti pada Jumat (13/6/2014) ini, para pejabat negara akan menggelar kunjungan kerja ke pasar beras Cipinang Jakarta Timur dan Gudang Bulog dalam rangka memantau harga pangan menjelang puasa dan lebaran.

Dari agenda yang diterima Liputan6.com, kunjungan kerja tersebut akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung atau CT.

Mendampingi beberapa menteri dan petinggi negara terkait lain, antara lain, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin serta Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso.

Rencananya, pemerintah akan berangkat menuju pasar induk beras Cipinang, Jakarta Timur pada pukul 08.30 WIB. Setelah itu, kunjungan kerja dilanjutkan ke gudang Bulog DKI Jakarta guna mengecek stok beras sampai dengan hari ini.

Sebelumnya, CT mengaku akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional untuk mengontrol harga bahan pangan pokok hari ini.

Dia menegaskan, harga bahan pangan pokok menyambut Ramadhan dan lebaran relatif masih stabil dan belum terjadi kenaikan signifikan.

"Makanya Jumat ini, saya dan beberapa menteri akan inspeksi ke pasar untuk memantau secara riil harga-harga yang sebenarnya di pasar," ungkap dia.

Perhatian khusus pemerintah, tambah CT, fokus pada kenaikan harga daging ayam, telur, bawang merah dan bawang putih. Dari laporan Kementerian Perdagangan, dia mengaku, harga daging ayam dan telur ayam selalu berfluktuasi. "Kita ingin harga stabil. Caranya bekerjasama dengan pemasok dan suplier," ujar CT. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini