Sukses

Kuasai 4 Keahlian Sederhana Biar Hemat Pakai Duit di Usia 20-an

Terdapat beberapa keahlian sederhana yang mampu membantu Anda menghemat uang selama belum bekerja.

Liputan6.com, New York - Lulus dari perguruan tinggi di usia 20-an tanpa pekerjaan, Anda tampaknya harus mulai mengencangkan ikat pinggang untuk urusan uang. Sebelum memperoleh pekerjaan, pastikan Anda mengendalikan pengeluaran pribadi sebisa mungkin.

Tenang saja, mengutip laman Forbes, Jumat (13/6/2014), terdapat beberapa keahlian sederhana yang mampu membantu Anda menghemat uang selama belum bekerja. Dengan keahlian sederhana tersebut Anda juga dapat memangkas banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Salah satu keahlian tersebut misalnya adalah memasak. Dengan kemampuan tersebut, Anda tak perlu boros mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar.

Berikut lima keahlian sederhana yang perlu dimiliki agar Anda bisa lebih menghemat pengeluaran:

1. Menahan pengeluaran

Jangan mudah mengeluarkan uang. Anda harus pandai menahan diri dalam mengeluarkan uang. Hati-hati beberapa minuman dan makanan seperti kopi, soda, jus, serta makanan cepat saji dapat membuat pengeluaran Anda membengkak.

Di waktu tertentu, Anda memang perlu irit dan menekan pengeluaran sedemikian rupa. Anda dapat naik bus, berhenti menggunakan kartu kredit dan membawa makan siang dari rumah.

2. Memasak

Anda tak perlu seahli koki ternama untuk bisa memasak. Pelajari beberapa menu sederhana setiap minggu agar Anda dapat tak perlu menghabiskan uang untuk membeli makanan di luar.

Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat dalam menggunakan uang.

3. Bertahan tidak meminjam uang

Sesulit apapun kehidupan finansial Anda, hindari kebiasaan meminjam uang sejak usia 20-an. Pastikan Anda tidak memiliki utang dan tak perlu terjerat bunga kredit yang tinggi.

4. Menabung dan jangan gunakan tabungan Anda

Menabung merupakan hal yang sulit dilakukan kebanyakan uang. Tapi menahan diri untuk tidak mengambil tabungan hingga jangka waktu tertentu merupakan tantangan yang lebih sulit.

Untuk mengamankannya, gunakan akun bank yang berbeda dan jangan fasilitasi diri Anda dengan kartu debit. Itu merupakan salah satu cara agar bisa bertahan mengumpulkan uang dalam waktu lama. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini