Sukses

Pengusaha Pentingkan Kenaikan Komponen Lokal Ketimbang Mobnas

Dilihat dari segi kemampuan komponen, sebenarnya produsen di dalam negeri sudah mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pengembangan mobil nasional (mobnas) hingga saat ini belum juga berjalan seusai harapan banyak pihak. Beragam hal menjadi kendala pengembangan mobil tersebut.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Noegardjito jika dilihat dari segi kemampuan komponen, sebenarnya produsen di dalam negeri sudah mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

"Komponen-komponen kunci di dalam mobil seperti bodi, engine, transmisi, steering dan rem sudah bisa dibuat disini. Tapi kalau mau buat merek baru, siapa yang mau investasi. Di sini yang mau investasi asing," ujar dia di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (23/6/2014).

Menurut dia, alasan mobil merk nasional akan sulit berkembang karena investasi yang mahal untuk membangun jaring after sales jika produksi sebuah kendaraan sudah berjalan. Hal ini yang belum bisa dilakukan pemerintah atau investor dalam negeri.

"Yang mahal bukan investasi pabriknya, yang mahal itu mengembangkan investasi after sales-nya. Kalau pabrik mungkin hanya butuh US$ 400 juta-US$ 700 juta untuk kapasitas produksi 100 ribu," kata dia.

Investasi afters sales ini, lanjut Noegardjito meliputi workshop, bengkel dan ketersediaan sparepart. "Kemarin Isuzu baru bikin workshop di Pontianak Rp 55 miliar. Kalau tidak ada itu tidak laku. After sale network itu yang membuat mobil laku. Kalau urusan merek bisa apa saja. Mobil China nggak laku karena tidak ada aftersales-nya. After sales itu harus kuat kalau mobilnya ingin laku," jelasnya.

Meski demikian, dia menyatakan bahwa saat ini yang lebih penting bukan soal pengembangan mobil nasional melainkan bagaimana meningkatkan kandungan komponen lokal dalam produk mobil yang diproduksi didalam negeri.

"Jadi lebih penting lokal kontennya, karena dampaknya ke penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan indutrinya. Industri kuat karena lokal komponen banyak. Jadi yang penting benefit untuk negara," tandas dia. (Dny/Nrm)

Video Terkini