Sukses

Hadapi Arus Mudik, Enam Maskapai Tambah Penerbangan

Penambahan ekstra penerbangan untuk menutupi padatnya penumpang pada rute tertentu seperti Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah menerima 6 maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) untuk hadapi lebaran.

Direktur Angkutan Udara Djoko Murdjatmodjo menerangkan maskapai tersebut adalah PT Lion Mentari Airlines, PT Sriwijaya Air, PT Indonesia AirAsia, PT Nam Air, PT Garuda Indonesia Tbk, dan PT Citilink Indonesia.

"6 airlines telah mengajukan extra flight," kata dia di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Ia mengatakan, penambahan ekstra penerbangan ini ditujukan untuk menutupi padatnya penumpang pada rute-rute tertentu. Adapun untuk penerbangan domestik rute yang padat seperti Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Semarang.

Jadi, untuk Lebaran terhitung H-7 sampai H+7 lebaran (16 hari) terdapat 28 rute extra flight dengan total 1.018 frekuensi. Adapun penumpang yang dapat diangkut sebanyak 402.378 penumpang.

"Untuk internasional 79 frekuensi dengan 29.440 kapasitas tempat duduk," lanjut dia.

Ia mengatakan, untuk maskapai yang kekurangan masih punya kesempatan  mengajukan extra flight. "Mekanisme mengajukan kepada kita, melampirkan slot keberangkatan maupun tujuan. Setelah dipenuhi slot tadi, airlines kita beri izin," tukas dia. (Amd/Ahm)

Baca Juga:

Extra Flight Baru Diberangkatkan di Atas Pukul 00.00 WIB

Garuda Indonesia Tambah 124 Ribu Kursi buat Hadapi Lebaran