Sukses

Uang NKRI Sudah Tersebar di Seluruh Kantor Perwakilan BI

Uang NKRI tersebut secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan lembaran uang lama, yang akan dikenalkan pada 17 Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengaku telah mengirimkan uang emisi 2014 atau lebih sering diesebut Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke seluruh Kantor Cabang Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Deputi Dewan Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan uang NKRI tersebut secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan lembaran uang lama, yang akan dikenalkan pada 17 Agustus 2014.

"Uang NKRI kesiapannya ya sudah siap, uangnya sudah kita deliver ke seluruh kantor Cabang Bank Indonesia di seluruh Indonesia," katanya saat ditemui di Gedung Bank Indonesia, Kamis (14/8/2014).

Namun sayangnya ketika dikonfirmasi berapa nilai dan jumlah pencetakan uang NKRI tersebut, Ronald enggan mengungkapkannya.

"Besok tanggal 17 kita kasih tahu semua, kalau saya ngomong sekarang nanti saya membocorkan," tegasnya.

Adapun sebelumnya Ronald mengungkapkan setidaknya ada beberapa perbedaan yang ada di uang NKRI ketimbang uang lama meski secara keseluruhan terlihat sama. Perbedaan tersebut diantaranya adalah:

1. Ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.  Uang NKRI akan ditandatangani oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan.
Sementara uang yang sekarang ditandatangani Gubernur dan Deputi Gubernur BI.
3. Pecahan mata uang tetap sama seperti uang rupiah yang sekarang beredar
4. Tetap ada gambar pahlawan
5. Lebih susah dipalsukan

"Uang lama akan tetap berlaku tapi seperti biasa ditarik secara bertahap. Pastinya uang NKRI akan lebih susah dipalsukan," ujar Ronald. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.