Sukses

Normalisasi Pasokan BBM Subsidi ke SPBU Strategi Tarik Ulur

Pertamina telah melakukan normalisasi penyaluran BBM bersubsidi kepada masyarakat sesuai arahan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan normalisasi pasokan bahan bakar minyak (BBM) subsidi ke Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) oleh PT Pertamina (Persero) tadi malam (26/8) tak akan mengganggu kuota BBM bersubsidi sampai akhir tahun yang sebesar 46 juta kiloliter (kl).

"Mudah-mudahan tidak akan ganggu kuota. Tidak akan jebol dari 46 juta kl," ungkap Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi kebijakan yang dilakukan oleh Pertamina seperti pembatasan, pengurangan kuota harian BBM bersubsidi, lalu kembali menormalisasikan penyalurannya.

"Itu kombinasi tarik ulur, ditahan lalu dinormalkan, dan ditahan lagi. Tapi tidak perlu panik, kami tidak bermaksud mempermainkan. Ini bagaimana kami mengkomunikasikan ke masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Pertamina telah melakukan normalisasi penyaluran BBM bersubsidi kepada masyarakat sesuai arahan pemerintah. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi potensi antrean berkepanjangan. Dengan normalisasi pasokan, tidak ada lagi pemotongan kuota baik untuk premium maupun solar.

"Terhitung mulai malam ini, penyaluran BBM bersubsidi ke SPBU dilakukan normalisasi untuk memulihkan situasi. Jika potensi kuota BBM subsidi terlampaui, pemerintah akan memutuskan solusi kebijakan yang tidak merugikan Pertamina," kata VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir. (Fik/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini