Sukses

Rencana Dahlan Iskan Usai Pensiun Jadi Menteri BUMN

Menteri BUMN, Dahlan Iskan akan menanam pohon kaliandra usai pensiun jadi menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku telah memiliki pilihan ketika masa kerjanya usai pada 20 Oktober 2014. Ia mengaku, setelah memasuki masa pensiun jadi menteri BUMN ingin menjadi pebisnis yang mengelola pohon kaliandara merah.

Ia menuturkan, pohon kaliandra merupakan pohon yang memiliki manfaat, salah satunya sebagai pohon penghasil energi.

"Ini adalah pohon energi, kalau di ditebang menghasilkan  4.000 kalori," kata dia saat meresmikan Rumah Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Di sisi lain, pohon tersebut memiliki keunggulan karena dalam umur satu tahun sudah bisa siap panen atau ditebang. Kemudian bisa tumbuh di tanah apapun kecuali rawa. Dia mengatakan akan memulai usaha tersebut pada 7 Januari 2015 di beberapa tempat seperti pulau Lingga, Enggano, dan Bacan.

Namun begitu, menurut Dahlan, menjadi pengusaha bukan jalan yang bakal mudah dilalui. Misalnya, untuk menanam belum tentu apa yang diinginkan sesuai harapan.

"Setelah dijalani apa saja, nanamnya kurang betul.  Tukang tanamnya menipu, 10 hektar jadi 9 hektar. Itu kenyataan bisnis," kata Dahlan.

Pihaknya berkata tak sungkan mengungkapkan keinginannya itu di depan umum. Hal itu dilakukan supaya dia malu jika keinginannya itu tak tercapai. "Saya targetkan disini, supaya saya terikat, biar nanti saya malu," ujar Dahlan Iskan. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun