Sukses

Pengusaha Harap Ekonomi Kian Cemerlang di Era Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah resmi dilantik pada hari ini di Gedung MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019, Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) telah resmi dilantik pada hari ini di Gedung MPR DPR.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi menyakini dengan dilantiknya Jokowi-JK diharapkan kinerja pemerintah ke depan akan lebih baik dibandingkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tentu berharap bisa bekerja lebih baik dibanding pemerintah sebelumnya, akhinya kita berharap pemerintah menjalankan apa yang sudah dijanjikan selama masa kampanye," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Dia menilai selama 10 tahun berkuasa kinerja pemerintah SBY tidak cemerlang, bahkan semakin lama malah semakin menurun. Hal ini lantaran banyak janji-janji khususnya di sektor ekonomi yang tidak terlaksana dan terkesan lebih banyak sisi pencitraan.

"Memang waktu tahun awal pemerintahannya kita tumbuh tinggi sekali. Lima tahun pertama rata-rata 6,5 persen. Tetapi pada lima tahun kedua menurun jadi 5,1 persen dan lebih banyak pada pencitraan," lanjutnya.

Meski demikian, melihat antusiasme pasar dan adanya perbaikan ekonomi global diharapkan akan mendorong pertumbuhan lebih baik lagi selama lima tahun ke depan.

"Jadi PR-nya bagaimana kita tumbuh di atas 7 persen, mengurangi high cost ekonomi, pembangunan infrastruktur. Saya rasa pada tahun pertama saja kita bisa tumbuh 6 persen sudah bagus. Kalau 7 persen mungkin rata-rata selama lima tahun pemerintahan," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.