Sukses

PR Sektor Energi dari Wamen ESDM ke Jokowi

Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo menuturkan, pemerintahan baru Joko Widodo (Jokowi) memiliki sejumlah pekerjaan rumah di sektor energi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo memberikan pekerjaan rumah terkait sektor energi untuk presiden dan wakil presiden Indonesia Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Buku Jokowi catatan dan persepsi. PR buat Jokowi-JK macam-macam yang strategis. Jelas melaksanakan catur dharma energi. Sudah ada keputusan menterinya," ujar Susilo, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Susilo menyebutkan, dharma pertama yaitu menggeber eksplorasi dan produksi minyak dan gas (migas). Dharma kedua kurangi impor dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

"Ketiga kembangkan masif energi baru terbarukan untuk membantu penyediaan listrik.  Keempat hemat konservasi," tutur Susilo.

Pelaksanaan Catur Dharma Energi bertujuan untuk memberikan pedoman kepada pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam meningkatkan produksi minyak dan gas bumi, menggerakkan dan memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menggunakan BBM secara efisien.

Lalu meningkatkan pemanfaatan atau optimalisasi upaya mengembangkan energi baru terbarukan serta menggerakkan dan memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan gerakan hemat energi.

Pendekatan pelaksanaan Catur Dharma Energi dilakukan dengan cara informatif, persuasif dan edukatif. Pelaksanaan Catur Dharma Energi menggunakan metode sosialisasi, diskusi, kompetisi, percontohan dan perintisan. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.