Sukses

Chairul Tanjung Sudah Kenal Sudirman Said Sejak Muda

Sudah mengetahui rekam jejak Sudirman Said yang menjadi pelopor tata kelola pemerintah yang baik, Chairul mengaku senang.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ad Interim Chairul Tanjung mengaku senang Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sudirman Said sebagai penggantinya.

"Hari ini saya sangat berbahagia dan bersyukur karena orang yang ditunjuk Presiden Joko widodo menduduki Menteri ESDM Bapak Surdiman Said," kata Chairul, saat melakukan serah terima jabatan Menteri ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Dia mengaku sudah cukup lama mengenal Sudirman Said. Sewaktu masih menjadi pegiat anti korupsi Indonesia dan aktifis transparansi Indonesia.

"Kenapa demikian karena secara kebetulan saya mengenal beliau cukup lama waktu masih sama-sama muda," tuturnya.

Karena sudah mengetahui rekam jejak Sudirman yang menjadi pelopor tata kelola pemerintah yang baik, Chairul mengaku senang Presiden Joko Widodo memilih Sudirman Said sebagai Menteri ESDM dalam Kabinet Kerja.

"Waktu krisis 98 kata good governance belum dikenal di negara ini, jadi saya tahu persis beliau, saya sangat senang nama beliau disebut Presiden Joko Widodo," pungkas dia.

Sebelum menduduki jabatan Menteri ESDM, Sudirman Said pernah menduduki beberapa jabatan. Beliau diangkat menjadi Direktur Utama PT Pindad pada 4 Juni 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Petrosea Tbk.

Pria ini juga pernah menjabat sebagai Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk.

Sudirman Said juga merupakan Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013.

Pada tahun 2005, beliau terlibat dalam Rekonstruksi Pasca Tsunami untuk Aceh dan Nias selama tiga (3) tahun, sebagai Deputi Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia. (Pew/Nrm)

Video Terkini