Sukses

Susi Pudjiastuti Heran Armada Patroli Laut RI Hanya Jadi Pajangan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku heran dengan keberadaan armada angkatan laut Indonesia yang lebih banyak menganggur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku heran dengan keberadaan armada angkatan laut Indonesia yang lebih banyak menganggur dibanding digunakan untuk berpatroli menyusuri perairan nusantara.

Menurutnya, agar dapat mengamankan wilayah perairan dari praktek pencurian ikan dan masuknya barang-barang impor ilegal, maka semua armada yang dimiliki oleh TNI angkatan laut dan kepolisian harus dioperasikan secara maksimal, termasuk soal anggarannya.

"Kita ada kapal patroli, tapi uang untuk berlayarnya cuma 60 hari saja dalam satu tahun. Saya tidak mengerti mengapa bisa begini," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Susi menyatakan, selain tidak adanya anggaran untuk operasional, kapal-kapal patroli tersebut seolah hanya menjadi pajangan karena telah berumur tua.

"Saya tidak akan pernah mengerti, kita membutuhkan kapal patroli, tapi tidak jalan semua, malah untuk pajangan," katanya.

Meski demikian, Susi tetap berharap pada pemerintahan saat ini semua hal tersebut bisa dibenahi sehingga kapal-kapal yang sudah tidak layak bisa digantikan dengan kapal yang lebih baru.

"Kalau TNI bukan urusan saya, anggarannya kan lembaga lain," tandasnya. (Dny/Ndw)