Sukses

10 Peluang Usaha Sampingan pada 2015

Berikut adalah peluang usaha sampingan yang dapat Anda lakukan di tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Uang dibutuhkan semua manusia modern untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memperoleh uang, seseorang bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri. Tetapi, seringkali uang yang didapatkan tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup.

Beragam sebab uang yang didapatkan tidak mencukupi kebutuhan hidup. Misalnya, karena harga barang-barang semakin tinggi atau karena semakin banyaknya barang-barang yang dibutuhkan.

Untuk itu, adakalanya seseorang memikirkan sebuah peluang usaha agar memiliki uang tambahan. Tentu, peluang usaha yang dipikirkan adalah usaha sampingan di luar pekerjaan sehari-hari.

Dilansir oleh PTMoney pada Sabtu (3/1/2014), berikut adalah 10 peluang usaha yang mungkin dapat Anda lakukan sebagai usaha sampingan di tahun 2015 ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengajar Renang hingga Cuci Motor

1. Pengajar renang

Terkadang uang bisa datang dari hobi. Untuk mencari uang tambahan, Anda juga dapat memaksimalkan hobi yang Anda miliki, misalnya berenang. Tentu banyak orang yang masih belajar berenang dan membutuhkan seorang pengajar. Disinilah peluang usaha Anda untuk menghasilkan uang tambahan.

2. Blogging

Kesukaan Anda dalam dunia tulis menulis di Blog ternyata juga merupakan peluang usaha yang baik untuk datangkan uang tambahan. Jika Blog yang Anda kelola sudah tenar, akan lebih mudah menghasilkan uang dari sana. Misalnya, dengan menyediakan tempat iklan, menjual buku sendiri, menyediakan jasa seperti desain Blog atau pembuatan Blog serta menjual theme atau plugin.

3. Desain logo

Jika Anda cukup baik dalam Photoshop, CorelDRAW atau software sejenis, maka cobalah untuk membuat beberapa uang dengan menawarkan desain logo. Hal ini dapat dimulai dari orang-orang terdekat Anda.

4. Bisnis online

Tidak diragukan lagi, bisnis online menjadi tren yang cukup signifikan dalam menambah uang tambahan. Ada yang menjadikannya sebagai usaha utama, ada yang hanya menjadikannya sebagai usaha sampingan. Anda dapat mencoba cara ini.

5. Cuci mobil atau motor

Anda memiliki halaman rumah yang cukup besar? Cukup untuk beberapa kendaraan? Kalau ya, peluang usaha yang terbuka adalah usaha cuci mobil atau motor. Anda bisa menawarkannya ke tetangga dahulu dan hanya dibuka pada akhir pekan saat Anda di rumah. 

3 dari 3 halaman

Guru Les hingga Kos-kosan

6. Guru les

Selain memanfaatkan kerja fisik, kerja intelektual juga dapat menjadi usaha sampingan Anda. Jika Anda memiliki pengetahuan tertentu, entah itu matematika, fisika atau bahasa Inggris misalnya, Anda dapat membuka les privat di akhir pekan di rumah Anda. Atau, Anda juga bisa melamar ke bimbel untuk menjadi salah satu pengajar.

7. Jual minuman di hari Minggu

Ini adalah bisnis yang cukup menjanjikan. Siapa yang tidak membutuhkan air minum setelah berolahraga di hari Minggu? Semua orang tentu butuh. Nah, jika Anda ada di tempat olahraga dan menjual air minum, bisa dipastikan dagangan Anda cepat laku.

8. Broker tiket

Beberapa orang malas untuk mengantri untuk mendapatkan sebuah tiket, entah itu tiket pertandingan ataupun tiket transportasi seperti kereta api. Anda bisa memanfaatkan kemalasan tersebut sebagai peluang usaha untuk datangkan uang tambahan.

9. Asuh bayi

Di akhir pekan, biasanya pasangan yang baru saja memiliki anak cukup enggan untuk membawa anaknya dalam kencan mereka. Ini adalah peluang usaha Anda. Anda bisa menawarkan jasa untuk mengasuh bayi selama pasangan tersebut pergi berkencan. Tetapi tentu, peluang usaha ini pada awalnya hanya bisa ditawarkan pada orang yang telah Anda kenal.

10. Kos-kosan

Punya rumah yang cukup besar dan ada ruangan ekstra? Mengapa tidak anda sewakan? Ini adalah peluang usaha sampingan yang cukup baik. Ditambah, Anda tidak perlu lagi melakukan apapun. (Rio A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.