Sukses

BNI Kerjasama Mini MRA dengan 3 Bank Asing

BNI menjadi bank pertama yang memiliki perjanjian Mini MRA dengan bank asing.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menandatangani perjanjian Mini Master Repurchase Agreement (Mini MRA) dengan 3 bank asing yang beroperasi di Indonesia yakni Bank of Tokyo Mitsubishi-UFJ, JP Morgan Chase Bank dan HSBC.

BNI menjadi bank pertama yang memiliki perjanjian Mini MRA dengan bank asing. Perjanjian Mini MRA menjadi dasar hukum untuk melakukan transaksi Repurchase Agreement (Repo) dan Reverse Repurchase Agreement (Reverse Repo) dalam rangka mendukung upaya pendalaman pasar uang Rupiah.

Suwoko Singoastro, Direktur Tresuri & Institusi Finansial BNI, menyampaikan dukungan terhadap upaya meningkatkan volume transaksi Repo dan Reverse Repo, yang sifatnya secured dengan underlying surat berharga, agar distribusi likuiditas di pasar uang lebih merata sekaligus mitigasi risiko kredit.

“Dengan adanya partisipasi dari bank asing dalam transaksi Repo dan Reverse Repo, diharapkan pasar Repo akan semakin ramai, dan turut mendukung pendalaman pasar uang,” ujar dia, Rabu (14/1/2015).

Penandatanganan Mini MRA ini masing-masing dilakukan secara terpisah yaitu Bank of Tokyo Mitsubishi-UFJ pada 15 Desember 2014, JP Morgan Chase Bank pada 18 Desember 2014 dan dengan HSBC pada 9 Januari 2015.

Dengan telah ditandatanganinya perjanjian Mini MRA ini, ke-3 bank asing tersebut siap melakukan transaksi Repo dan Reverse Repo dengan sejak diluncurkan Bank Indonesia pada 18 Desember 2013, perjanjian Mini MRA baru ditandatangani bank BUMN, bank swasta nasional, bank campuran dan bank pembangunan daerah.

Selama ini, bank asing yang beroperasi di Indonesia belum ikut berpartisipasi dalam transaksi Repo dan masih mengandalkan transaksi pasar uang antar bank (PUAB) untuk memenuhi kebutuhan likuiditas Rupiahnya.

Sampai saat ini, BNI sudah menandatangani Mini MRA dengan 47 bank dan sejak diluncurkan, volume transaksi Repo dan Reverse Repo BNI sudah mencapai Rp 28,45 triliun.

“Di tahun 2015, kami menargetkan untuk menambah bank yang menandatangani Mini MRA dengan BNI, agar volume transaksi Repo dan Reverse Repo kami terus meningkat,” jelas Suwoko.(Nrm)