Sukses

Harga Tomat Tembus Rp 30 Ribu di Gorontalo

Harga tomat terus naik bahkan tembus Rp 30.000 per Kg di pasar tradisional di Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Harga tomat di sejumlah pasar di Gorontalo terus naik. Harga tomat di Pasar Tua Biawu telah menembus harga Rp 30 ribu per kilo gram (Kg) pada akhir pekan ini.

Kenaikan ini sudah terjadi sejak satu bulan terakhir, dan penyebabnya adalah cuaca buruk di Gorontalo yang membuat stok tomat yang berada di gudang membusuk.

Yati salah seorang pedagang mengakui, harga tomat yang mencapai Rp 30 ribu per Kg ini merupakan harga tertinggi. Biasa harga tomat hanya berkisar Rp 3.000-Rp 5.000 per kg.

Sementara itu, saat disinggung mengenai pembeli, Yati mengakui adanya penurunan pembeli, bahkan tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk membeli tomat busuk yang dijual murah yakni Rp 15 ribu per kilo gram.

"Harga paling mahal so ini mas, biasa cuma Rp 3.000, sekarang sudah naik. Ada juga yang busuk itu lebih murah," ujar Yati.

Pembeli pun merasa keberatan jika harus membeli tomat dengan harga mahal, bahkan Dian, salah seorang warga Kota Gorontalo mengaku memilih membeli cabai dengan kualitas rendah lantaran harga lebih murah.

"Dari pada saya beli yang mahal, mendingan saya beli yang busuk, biar nanti mau pilih pilih" ujar Dian kepada Liputan6.com, Jumat (23/1/2015). (Aldiansyah MF/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini