Sukses

Orang RI Percaya Keuangannya Membaik 2 Tahun ke Depan

Tingkat kepercayaan diri investor Indonesia paling tinggi dibandingkan investor-investor lainnya di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan riset terbaru Manulife bertajuk Manulife Investor Sentiment Indeks, tingkat kepercayaan diri investor Indonesia paling tinggi dibandingkan investor-investor lainnya di Asia.

Director of Business Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Putut E Andanawarih mengatakan sebanyak 85 persen investor Indonesia puas dengan kondisi finansialnya saat ini.

Selain itu, 69 persen merasa kondisi mereka saat ini lebih baik dibandingkan dua tahun lalu. Bahkan 73 persen percaya bahwa kondisi keuangannya akan lebih baik dalam dua tahun ke depan.

Namun Putut mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia perlu mengingat bahwa kondisi yang baik tidak mungkin berlangsung terus menerus, meski ditengah-tengan perekonomian Indonesia yang sedang tumbuh.

"Tingkat inflasi, perubahan harga minyak, kenaikan tingkat suku bunga dan potensi berkurangnya investasi dan aliran modal akibat penguatan dolar Amerika Serikat akan menghadirkan tantangan yang lebih berat, dan tantangan tersebut harus dikelola dengan baik," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Menurut Putut, optimisme para investor juga terlihat ketika ditanya tentang pandangan mereka terhadap kondisi finansial generasi berikutnya.

Dia menyatakan, 80 persen investor percaya bahwa kondisi finansial anak-anak mereka akan jauh lebih baik dan 72 persen investor mengatakan bahwa mereka miliki kualitas hidup yang lebih baik pada usia pensiun.

"Pandangan positif investor terhadap situasi finansialnya dan anak-anak mereka menggambarkan optimisme masyarakat Indonesia terhadap kehidupan pada umumnya serta merefleksikan ekspektasi yang tinggi terhadap kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan," tandas dia. (Dny/Nrm)

Video Terkini