Sukses

Pengusaha Penjual Tiket Sumringah RI Bebaskan Visa 25 Negara

Kebijakan tersebut dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh para turis bukan untuk keperluan lain.

Liputan6.com, Jakarta -
Rencana pemerintah untuk membebaskan visa kepada turis 25 negara disambut gembira asosiasi penjualan tiket Tanah Air.
 
Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, dengan kebijakan tersebut akan mendorong pariwisata dalam negeri yang berdampak pada penjualan tiket.
 
"Kalau kita dengan senang hati, bebas visa menggiatkan perekonomian dan wisata kita," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (16/3/2015).
 
Dia mengungkapkan, dari Januari sampai Sepember 2014 pendapatan asosiasi mencapai Rp 7,3 triliun dari penerbangan lokal yang memanfaatkan maskapai Garuda Indonesia. Dengan maskapai yang sama, sebesar US$ 1,8 miliar penerbangan ke luar negeri.
 
Dengan kebijakan tersebut, pihaknya optimis pendapatan perusahaan tergabung asosiasi naik 20 persen. Namun menjadi catatan, kebijakan tersebut dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh para turis bukan untuk keperluan lain.
 
"Perlu dikaji ulang apakah itu yang datang turis semua," terangnya. 
 
Kemudian, lanjutnya 25 negara yang ditunjuk mesti memiliki kemampuan ekonomi yang baik. Sehingga, warga negara mampu melakukan perjalan wisata khususnya ke Indonesia.
 
"Kita belum tau negara apa saja, apa memang memiliki kemampuan luar negeri. Australia, Amerika, Jepang, Korea kita tahu mereka memiliki kemampuan spending traveling," tandasnya. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.