Sukses

Harga Minyak Anjlok Bikin WK Migas RI Tak Laku

Potensi kandungan migas pada blok yang ditawarkan juga sedikit membuat wilayah kerja migas Indonesia tak laris.

Liputan6.com, Jakarta - Dari 16 Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas)  yang dilelang Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), ada empat WK migas yang tidak diminati.

Direktur Pengusahaan Hulu Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Naryanto Wagimi mengatakan, harga minyak dunia melemah membuat WK Migas Indonesia tidak diminati investor.

"Pertama harga minyak turun," kata Naryanto, usai menghadiri pengumuman 11 pemenang lelang Wilayah Kerja Migas, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Naryanto menambahkan, potensi kandungan migas pada blok yang ditawarkan sedikit juga membuat WK Indonesia tak laris. "Potensinya medium biasa saja, kalau saya minta 500 di situ adanya 300 saya mikir lagi, seperti itu," ungkap Naryanto.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM telah mengumumkan pemenang lelang dengan penawaran langsung WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2014. Jumlah WK yang ditawarkan ada delapan wilayah kerja.

Jumlah Bid Document yang dibeli adalah 13  Dokumen untuk delapan Wilayah Kerja yaitu WK. North Central Java Offshore, WK. Kualakurun, WK. Garung, WK. Offshore Pulau Moa Selatan, WK. Dolok, WK. Southeast Papua, WK. Abar dan WK. Anggursi.

Namun dalam pelaksanaan lelang yang diminati hanya enam WK migas, yaitu Kualakurun, Garung,  Offshore Pulau Moa Selatan, Southeast Papua, Abar Offshore, dan Anggursi Offshore.

Selain itu Kementerian ESDM juga melakukan lelang reguler WK Migas konvensional tahap I  2014 jumlah WK yang ditawarkan ada lima.
Jumlah Bid Document yang dibeli adalah 3  Dokumen untuk 3 Wilayah Kerja yaitu WK. North Madura II, WK. Aru Trouhj I dan WK. Aru Trough II, sedangkan 2 Wilayah Kerja lainnya tidak diminati yaitu WK.Yamdena dan WK.South Aru II. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.