Sukses

Mendag Buka Pameran Sayur dan Buah Lokal Masuk Mal

Mall Alam Sutera, Tangerang, menjadi mal pertama dari 15 lokasi yang akan menyelenggarakan pameran tersebut selama periode Juni Oktober.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel membuka rangkaian Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall 2015 pada Jumat (12/6/2015) ini.

Mall Alam Sutera, Tangerang, menjadi mal pertama dari 15 lokasi yang akan menyelenggarakan pameran tersebut selama periode Juni hingga Oktober 2015 secara bergantian.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina, mengatakan 15 mall yang turut menyelenggarakan pameran ini berlokasi di Tangerang, Jakarta, Depok dan Bekasi.

"Ada Kelapa Gading, Pondok Indah Mall, Gandaria City, Cilandak Town Square, Senayan City, Summarecon Mall, Kota Kasablanka, Bintaro Exchange Mall, Tamini Square, Mal Puri Indah, Mall Alam Sutera, Summarecon Mall Bekasi, Margo City, Depok Town Square dan Metropolitan Mall," ujar dia di Tangerang.

Dia menjelaskan, penyelenggaraan pameran ini bertujuan untuk memberikan akses pada dan menciptakan jejaring pasar bagi produk sayur dan buah dalam negeri.

"Kegiatan ini serta langkah konkrit upaya untuk mendorong produk lokal, memfasilitasi usaha mikro sehingga bukan hanya meningkatkan produksi petani tapi penguatan pasar dalam negeri," lanjutnya.

Sementara bagi konsumen, dengan adanya pameran ini diharapkan akan mengedukasi konsumen bahwa produk pertanian Indonesia merupakan produk yang sehat dan tidak kalah dengan produk impor.

"Mendekatkan hasil produk Indonesia pada kalangan menengah ke atas sehingga lebih menarik. Ada 62 jenis sayur dan buah yang sudah dibudidayakan. Dengan ini diharapkan bisa menstimulasi produk-produk petani," katanya.

Adapun produk sayur dan buah yang ditampilkan dalam pameran ini antara lain mangga, pepaya, cabai, tomat, jagung, pisang, timun, kol, semangka, nanas dan lain-lain. Semua produk holtikultura tersebut dipasok dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Kita ajak para petani dari Lembang, Cianjr, Sukabumi, dan beberapa di Lampung, Prabumuli dan lain-lain," tandasnya.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini