Sukses

KESDM Pangkas Proyek untuk Percepat Serapan Anggaran

Kementerian ESDM akan merampingkan proyek menjadi 24 pada 2016 dengan melaksanakan tender pada Oktober 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan merampingkan paket proyek tahun depan untuk mempercepat penyerapan anggaran.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, pihaknya akan melakukan lelang pada Oktober 2015 untuk memaksimalkan penyerapan anggaran tahun depan, sehingga proyek yang diprogramkan bisa langsung dieksekusi mulai awal tahun.

"Kedua menyiapkan anggaran 2016 dengan berencana mulai tender pada Oktober, kalau sudah diputuskan maka sudah dilakukan pada Februari sudah mulai bekerja, tahun depan tender lebih awal," kata Sudirman, di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Sudirman menambahkan, pihaknya pun akan merampingkan proyek menjadi 24 proyek pada tahun depan. Kementerian ESDM memprogramkan 2.200 proyek pada 2015.

"Ada perubahan signifikan paket proyek, tahun ini 2.200 paket proyek untuk kelola Rp 10 triliun tambah Rp 5 triliun, tahun depan disederhanakan 24 paket tapi lebih besar," ungkap Sudirman.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji mengungkapkan penyerapan anggaran sampai Juli 2015, Kementerian ESDM hanya menyerap 11 persen. Meski begitu, penyerapan tersebut akan digenjot menjadi 80 persen. Lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya 50 persen.

"Tahun lalu serapan 50 persen kalau sampai 80 persen itu sangat baik," kata Sudirman. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo
    Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo

    Sudirman Said