Sukses

Pabrik Shell Bisa Hadang Serbuan Pelumas Impor

Shell meresmikan pabrik pelumas yang terletak di Marunda, Bekasi pada Kamis (5/11/2015).

Liputan6.com, Bekasi - Shell meresmikan pabrik pelumas yang terletak di Marunda, Bekasi pada Kamis (5/11/2015). Pabrik ini merupakan pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan perusahaan minyak internasional di Indonesia.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap dengan adanya pabrik baru Shell di Marunda akan mengurangi impor. Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Harjanto menyebutkan, saat ini Indonesia memiliki 20 pabrik pelumas dengan kapasitas terpasang 1,8 juta kl.

Sementara, yang terpakai hanya 850 ribu KL. Lantaran, sebagian besar pelumas dipenuhi oleh impor. "Impor pelumas 2014 nilai US$ 355 juta," kata dia di Bekasi, Kamis (5/11/2015).

Pabrik Shell berkapasitas 136 juta liter atau 120 ribu ton per tahun. Jumlah tersebut bisa untuk mengganti sekitar  460 ribu unit oli sepeda motor atau 90 unit mobil setiap tahunnya. Adapun dana investasi yang digelontorkan mencapai US$ 132 juta.


Deputi Bidang Perencanaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tamba Hutapea mengatakan pabrik ini bakal menjadi pabrik terbesar yang diioperasikan perusahaan multinasional.

Selain Indonesia, Shell mengeoperasikan pabrik pelumas di Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam

"Saya bangga dengan kapasitas 120 ribu ton dengan investasi US$ 132 juta, pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan multinasional," tandas dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Eksekutif Shell Lubricants, Mark Gainsborough menuturkan, kehadiran pabrik tersebut diharapkan bisa memperkuat pasokan pelumas nasional.

"Pabrik ini membantu kami memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan pelumas berkualitas tinggi yang diproduksi di pabrik baru ini. Selama beberapa tahun terakhir ini, perekonomian Indonesia bertumbuh pesat dan pelumas merupakan komponen vital dalam mewujudkan ambisi pertumbuhan negara ini hampir di segala sektor," kata.

Pabrik ini akan memproduksi beberapa merk pelumas, di antaranya Shell Helix (oli mesin kendaraan penumpang), Shell Advance (oli sepeda motor, Shell Rimula (oli mesin kelas berat, Shell Spirax (oli transmisi).(Amd/Ndw)

Video Terkini