Sukses

Tingkatkan Hilirisasi, KKP Gelar Penghargaan Adibakti Mina Bahari

Tujuan dari pemberian penghargaan untuk meningkatkan motivasi, prakarsa dan peran serta aktif serta kepedulian para pemangku kepentingan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengakui bahwa kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan tidak bisa menjadi nyata tanpa peran serta seluruh pemangku kepentingan (stakeholder). Oleh sebab itu, Kementerian merasa bahwa harus ada penghargaan kepada para pemangku kepentingan, salah satunya adalah pelaku usaha pengolahan ikan. 

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, R Nilanto Perbowo menjelaskan, salah satu wujud apresiasi kementerian kepada pelaku usaha adalah dengan memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari. Dengan penghargaan tersebut, diharapkan program hillirisasi industri di sektor kelautan dan perikanan bisa tumbuh berkembang.

“Penghargaan ini merupakan wujud membangunkan spirit, semangat, serta motivasi para pelaku usaha di bidang pengolahan ikan agar terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan usaha pengolahan ikan sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan industri pengolahan ikan dan turut serta membangun ekonomi masyarakat dan negara pada umumnya,” ungkap Nilanto, Jumat (11/12/2015).


Penghargaan Adibakti Mina Bahari diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan terhadap unit kerja pelayanan publik di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan para pemangku kepentingan yang berprestasi di bidang kelautan.  Diharapkan, dengan penghargaan tersebut bisa terwujud keterpaduan visi dan misi antara pembina dengan para pelaku usaha untuk lebih meningkatkan peran masing-masing dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

Tujuan dari pemberian penghargaan ini untuk meningkatkan motivasi, prakarsa dan peran serta aktif serta kepedulian para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan agar kesejahteraan masyarakat meningkat dengan tetap memperhatikan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya laut dan perikanan yang begitu melimpah. Agar kekayaan tersebut mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa, maka harus diolah dengan baik sehingga tercipta nilai tambah yang tinggi.

Untuk itu, Nilanto meminta kepada pelaku usaha untuk mendukung program Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP untuk terus meningkatkan hillirisasi industri di sektor kelautan dan perikanan. “Orientasi kami ke depan adalah produk kelautan dan perikanan Indonesia mempunyai daya saing yang tinggi, dan mampu berkompetisi di pasar domestik maupun pasar global. Karena itu, hillirisasi industri sektor kelautan dan perikanan sudah menjadi harga mati,” tegasnya. (Gdn/Zul)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.