Sukses

5 Alasan Wanita Lebih Jago Urus Uang Dibanding Pria

Wanita ternyata memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan lebih baik dibanding pria.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak penelitian mengungkap bahwa wanita ternyata memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan lebih baik dibanding pria.

Wakil presiden dari badan analisis Experian Michele Raneri mengatakan walaupun pendapatan wanita 23 persen lebih rendah dibanding pria, mereka mampu mengurus keuangannya lebih baik.

Melansir Business Insider, Kamis (10/3/2016), berikut lima alasannya:

1. Punya utang kartu kredit lebih sedikit

Menurut penelitian dari Value Penguin, hutang kartu kredit yang dimiliki wanita 22 persen lebih sedikit dibanding pria. Selain itu wanita juga cenderung lebih jarang menggunakan kartu kredit dibanding pria.

2. Lebih mandiri secara finansial

Wanita mampu lebih mandiri secara finansial dibanding pria. Survei yang dilakukan Business Insider menyebut bahwa pria berusia 35–44 tahun cenderung lebih membutuhkan bantuan uang dari kerabat dibanding dengan wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Sudah memikirkan anggaran pensiun

Laporan yang dikelurakan Vanguard pada tahun 2015 mengungkap bahwa wanita cenderung lebih memikirkan rencana keuangan jangka panjang. Termasuk diantaranya adalah memikirkan anggaran pensiun.

4. Mampu membagi kondisi keuangan

Menurut laporan tahun 2013 dari HSBC, 31 persen pria di Amerika Serikat masih sulit untuk membagi kondisi keuangan yang mereka miliki.

Namun berbeda ceritanya dengan wanita. Wanita memiliki presentase lebih kecil dan mampu untuk membagi kondisi keuangannya dengan lebih baik.

5. Mampu menakar pengeluaran

Pria cenderung lebih senang untuk mengambil resiko dalam masalah keuangan. Sementara wanita mampu membuat perhitungan jelas seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini