Sukses

4 Cara Hemat Makan Siang bagi Orang yang Tak Ikut Puasa

Bagi umat yang tidak beragama Muslim, ataupun umat Muslim yang kebetulan sedang ‘berhalangan’, tentunya tidak ikut berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan puasa ini, aktivitas yang lazim dilakukan oleh kebanyakan umat Muslim di Indonesia maupun seluruh dunia adalah melaksanakan kewajiban berpuasa.

Bagi umat yang tidak beragama Muslim, ataupun umat Muslim yang kebetulan sedang "berhalangan", tentunya menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Nah, salah satu aktivitas tersebut adalah makan siang. Namun, pengeluaran makan siang kamu bisa jadi naik drastis kalau kantin karyawan atau warung makan di sekitar tempat kamu kerja tutup, apalagi menjelang hari raya Lebaran.

Bisa-bisa kamu harus sering makan di mal yang membuat kamu tidak bisa berhemat pengeluaran makan siang.

Supaya tidak jadi boros, coba simak beberapa cara hemat makan siang berikut seperti dikutip dari HaloMoney:

1. Gunakan sistem makan tengah

Sistem makan tengah merupakan salah satu cara populer untuk menghemat biaya makan di restoran. Kamu cukup pesan satu porsi makanan yang besar untuk dibagi beramai-ramai dengan teman-teman kamu yang lain.

Cara ini cocok digunakan bagi kamu yang memang sering mengajak teman-teman untuk makan siang bersama.

Baca juga: 4 Pengaruh Brexit Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Sehari-hari

2. Manfaatkan situs/aplikasi online

Di bulan Ramadan, banyak situs atau aplikasi pembelian makanan online yang memberikan promo. Kamu bisa coba mencari salah satunya dan memanfaatkan promo yang mereka berikan.

Cara ini juga membuat kamu tidak perlu repot beranjak dari tempat kerja kamu untuk membeli makanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa bekal


3. Siapkan saja bekal sendiri

Salah satu cara yang jelas untuk berhemat makan siang di bulan ini adalah membuat dan membawa bekal makan siang sendiri. Cara ini juga menyelamatkan kamu dari keribetan mencari tempat makan yang buka sepanjang bulan puasa.

Kalau kamu tidak bisa memasak, cobalah ajak teman kamu yang bisa memasak untuk membuatkan bekal, tapi tentu ada imbal balik yang perlu kamu berikan kepadanya.

Baca juga: 5 Alternatif Moda Transportasi Mudik yang Paling Hemat dan Tepat untuk Kamu

4. Pakai kartu kredit untuk manfaatkan promo

Jika kamu tetap ingin makan di restoran, cara lainnya adalah dengan memanfaatkan promo dari kartu kredit. Carilah restoran-restoran yang menawarkan promo seperti penggunaan poin reward atau harga diskon untuk set menu makanan tertentu.

Nah, mulailah mencari restoran dengan promo yang sesuai kartu kredit yang kamu miliki sekarang. Kalau belum ada kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu mencari kartu kredit yang tepat. (Ndw/zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini